Formula 1: Lewis Hamilton Resmi Lanjut di Mercedes Sampai 2023

Adhi Prasetya - Sport
Sabtu, 03 Jul 2021 21:17 WIB
LE CASTELLET, FRANCE - JUNE 20: Second placed Lewis Hamilton of Great Britain and Mercedes GP celebrates on the podium during the F1 Grand Prix of France at Circuit Paul Ricard on June 20, 2021 in Le Castellet, France. (Photo by Clive Rose/Getty Images)
Hamilton memperpanjang kontraknya dengan Mercedes. Foto: Getty Images/Clive Rose
Jakarta -

Lewis Hamilton melanjutkan komitmennya bersama Mercedes di Formula 1. Juara dunia tujuh kali itu resmi memperpanjang kontraknya hingga 2023.

Kabar tersebut diumumkan Sabtu (3/7/2021), sehari jelang balapan GP Austria 2021. Itu artinya, Hamilton akan lanjut bersama tim yang berbasis di Brackley, Inggris itu setidaknya sampai 2023, saat usianya 38 tahun.

Hamilton bergabung dengan Mercedes pada 2013 usai meninggalkan McLaren. Sembilan tahun berjalan, ia sudah berhasil meraih gelar enam juara dunia, empat di antaranya diraih beruntun pada 2017-2020.

Mercedes-AMG Petronas F1 Team dengan senang hati mengumumkan perpanjangan kerja sama dua tahun dengan juara dunia tujuh kali Lewis Hamilton, melanjutkan hubungan kerja tersukses dalam sejarah F1," bunyi pernyataan resmi Mercedes.

Hamilton sendiri sebelumnya sudah menyatakan keinginan lanjut bersama Mercedes, meski akan ada regulasi baru mulai tahun 2022, baik secara teknis maupun soal pembatasan dana pengembangan mobil yang lebih ketat.

"Sulit dipercaya, saya sudah hampir sembilan tahun bersama dengan tim hebat ini, dan saya antusias melanjutkan kerja sama ini dua tahun lagi. Kami sudah meraih banyak hal, tapi masih banyak yang bisa diraih, baik di dalam maupun di luar trek," ujar Hamilton.

"Saya betul-betul bangga dan bersyukur atas dukungan Mercedes dalam upaya saya meningkatkan keragaman dan kesetaraan di olahraga ini."

"Mereka amat bertanggung jawab dan membuat langkah penting dalam menciptakan tim yang lebih beragam dan lingkungan yang inklusif," jelas driver asal Inggris itu.

Perpanjangan kontrak Hamilton membuat Mercedes tinggal menentukan siapa yang akan mengisi satu slot kursi tersisa untuk musim depan. Valtteri Bottas, rekan Hamilton saat ini, hanya menyisakan kontrak sampai 2021, dan belum diperpanjang.

Ada rumor ia akan digantikan oleh George Russell, yang kini membalap untuk Williams. Namun sejauh ini Mercedes belum menentukan pilihan, sedangkan Hamilton berharap pebalap Finlandia itu bisa bertahan musim depan.



(adp/pur)