Formula 1: Sudah 40 Tahun, Fernando Alonso Lanjut di Alpine Musim Depan

Adhi Prasetya - Sport
Jumat, 27 Agu 2021 06:50 WIB
SPA, BELGIUM - AUGUST 26: Fernando Alonso of Spain and Alpine F1 Team talks in the Drivers Press Conference during previews ahead of the F1 Grand Prix of Belgium at Circuit de Spa-Francorchamps on August 26, 2021 in Spa, Belgium. (Photo by Laurent Charniaux - Pool/Getty Images)
Alonso resmi melanjutkan kerja sama dengan Alpine hingga 2022. Foto: Getty Images/Pool
Jakarta -

Fernando Alonso masih akan lanjut membalap di Formula 1 tahun depan. Driver 40 tahun asal Spanyol ini sepakat melanjutkan kerja sama dengan Alpine.

Alonso baru saja kembali ke F1 di musim ini, usai memutuskan pensiun pada 2018. Awalnya ia dikontrak setahun dengan opsi perpanjangan. Setengah musim berjalan, performanya mampu meyakinkan direksi Alpine untuk mempertahankannya.

Alonso mampu finis dalam zona poin di 8 dari 11 balapan F1 2021 yang sudah tuntas digelar. Ia juga berhasil membantu rekan setimnya, Esteban Ocon, memenangi GP Hungaria pada 1 Agustus silam.

Kemenangan yang diraih Ocon itu sedikit banyak juga dibantu performa Alonso (finis keempat saat itu) yang sempat menahan laju Lewis Hamilton di lap-lap akhir, membuat driver Inggris itu tak punya banyak waktu untuk mengejar Ocon.

Dengan demikian, formasi duet pebalap Alpine untuk F1 2022 sudah jelas. Sebelumnya, Ocon sudah memperpanjang kontrak hingga 2024.

"Kami dengan bangga mengumumkan Fernando akan berpartner dengan Esteban musim depan. Bagi kami, itu adalah duet pebalap yang sempurna, salah satu yang terkuat di grid," ujar pernyataan resmi CEO Alpine, Laurent Rossi.

"Keduanya bekerja dengan cara saling melengkapi, dengan menawarkan talenta yang perlu diasah dan juga kecepatan, namun dengan semangat tim yang sempurna, yang mampu mengantarkan kami meraih kemenangan di Hungaria."

"Fernando telah membuat kami terkesan sejak dia kembali ke F1 pada tahun ini. Dedikasi, kerja sama, dan fokusnya untuk mengeluarkan hasil maksimal dari tim sungguh luar biasa dan jelas istimewa untuk disaksikan."

"Saya yakin kami dapat mendapat banyak manfaat dari pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki Fernando saat kami memasuki tahap akhir pengembangan dan pengoptimalan sasis dan power unit untuk tahun 2022," sambung Rossi tentang Alonso.

(adp/pur)