Valtteri Bottas Tinggalkan Mercedes dan Gabung Alfa Romeo di F1 2022

Adhi Prasetya - Sport
Senin, 06 Sep 2021 20:30 WIB
NORTHAMPTON, ENGLAND - JULY 16: Third fastest qualifier Valtteri Bottas of Finland and Mercedes GP takes off his helmet in parc ferme during qualifying ahead of the F1 Grand Prix of Great Britain at Silverstone on July 16, 2021 in Northampton, England. (Photo by Lars Baron/Getty Images)
Bottas akan bergabung dengan Alfa Romeo musim depan. Foto: Getty Images/Lars Baron
Hinwil -

Valtteri Bottas akan meninggalkan Mercedes usai Formula 1 2021 berakhir. Mulai musim depan, ia akan membalap untuk Alfa Romeo.

Kabar ini disampaikan akun resmi Alfa Romeo, Senin (6/9/2021). Dengan demikian, berakhirlah kebersamaan Bottas dengan pabrikan Jerman tersebut yang telah terjalin selama 4 tahun.

"Valtteri Bottas akan bergabung dengan Alfa Romeo untuk F1 2022 dan selanjutnya. Pebalap asal Finlandia itu telah menandatangani kontrak multi tahun dengan tim yang berbasis di Hinwil, Swiss tersebut," bunyi pernyataan Alfa Romeo.

Bottas bergabung dengan Mercedes pada 2017, menggantikan Nico Rosberg yag pensiun usai menjadi juara dunia F1 2016. Selama bertandem dengan Lewis Hamilton, Bottas berhasil meraih 9 kemenangan dan 54 podium, membantu Mercedes meraih 4 gelar juara konstruktor secara beruntun.

Meski demikian, ia belum berhasil menjadi juara dunia. Selama 4 musim, capaian terbaiknya yakni menjadi runner-up pada tahun 2019 dan 2020, tepat di bawah Hamilton. Di musim kelimanya bersama Mercedes, ia saat ini menempati posisi 3 klasemen sementara dengan 123 poin, di bawah Hamilton dan Max Verstappen.

"Saya bersyukur atas kepercayaan yang diberikan kepada saya, dan saya tak sabar untuk membayarnya. Saya masih antusias membalap untuk meraih hasil, dan pada waktunya nanti mengejar kemenangan," ujar Bottas.

"Saya mengenal Fred (Vasseur, bos Alfa Romeo) dengan baik, dan saya ingin segera mengenal anggota tim yang lain, membangun hubungan yang baik seperti yang saya punya di Mercedes."

"Saya bangga dengan apa yang saya capai di Brackley (markas Mercedes) dan sekarang saya fokus menuntaskan tugas saya karena kami masih berjuang untuk gelar juara, tapi saya juga menantikan tantangan yang sudah menunggu tahun depan," jelas eks pebalap Williams itu.

George Russell dikabarkan akan menjadi pengganti Bottas, dan pengumumannya akan dilakukan dalam waktu dekat. Sementara itu, belum diketahui siapa tandem Bottas di Alfa Romeo musim depan, mengingat Kimi Raikkonen akan pensiun dan Antonio Giovinazzi sejauh ini belum ada kepastian.

Tonton Video: Pembalap Kimi Raikkonen Pensiun di Akhir Musim F1 2021

[Gambas:Video 20detik]



(adp/cas)