Resmi, Sebastian Vettel Lanjut di F1 2022 Bersama Aston Martin

Adhi Prasetya - Sport
Kamis, 16 Sep 2021 16:57 WIB
BAHRAIN, BAHRAIN - MARCH 12: Sebastian Vettel of Germany and Aston Martin F1 Team and Lance Stroll of Canada and Aston Martin F1 Team look on as they stand on the grid during Day One of F1 Testing at Bahrain International Circuit on March 12, 2021 in Bahrain, Bahrain. (Photo by Mark Thompson/Getty Images)
Vettel dan Stroll lanjut di Aston Martin musim depan. Foto: Getty Images/Mark Thompson
Silverstone -

Sebastian Vettel akan melanjutkan kiprahnya bersama Aston Martin di Formula 1 tahun depan. Juara dunia 4 kali itu kembali bertandem dengan partnernya saat ini, Lance Stroll.

Perpanjangan kerja sama itu diumumkan pada Kamis (16/9/2021). Kinerja kedua pebalap dianggap memuaskan, meskipun tim yang berbasis di Silverstone, Inggris itu tercecer di peringkat 7 klasemen konstruktor saat ini dengan 59 poin.

"Perjalanan Aston Martin di musim ini dimulai dengan hasil mengecewakan, mengingat adanya perubahan aturan pada musim dingin lalu yang merugikan tim dengan filosofi aero low-rake. Tapi kami telah mengalami kemajuan selama beberapa bulan terakhir," ujar Executive Chairman Lawrence Stroll, yang juga ayah dari Lance.

"Lance dan Sebastian telah menampilkan performa yang sangat baik. Pada 2022 nanti kami senang melanjutkan kerja sama dengan perpaduan antara bakat muda dan seorang ahli yang berpengalaman," lanjut pria asal Kanada itu.

Vettel dan Lance Stroll antusias melanjutkan kerja sama ini musim depan. Dengan aturan teknis baru yang akan berlaku, keduanya berharap bisa mendapat hasil lebih baik dari musim ini.

"Saya amat menantikan bisa membalap dengan mobil F1 generasi baru di musim depan. Tampilannya betul-betul berbeda dan regulasi teknis yang baru harusnya memberi kami mobil yang bisa bersaing lebih dekat dari saat ini," ujar Vettel.

"Balapan yang lebih seru akan bagus para pebalap, terlebih untuk fans. Perubahan yang besar membuat setiap tim memulai lagi dari awal, jadi ini kesempatan yang bagus bagi kami di Aston Martin. Saya percaya dengan kekuatan kami, jadi saya siap menatap 2022," lanjut pebalap Jerman itu.

Musim ini, Vettel baru empat kali finis zona poin dari 14 seri yang sudah digelar, dengan catatan terbaik finis kedua di GP Azerbaijan. Ia sempat mengulang hasil sama di GP Hungaria, namun didiskualifikasi karena mobilnya melanggar aturan sisa bahan bakar.

Sementara Lance Stroll sudah finis 7 kali di zona poin, namun capaian terbaiknya 'hanya' finis ketujuh GP Italia lalu. Akibatnya, jumlah poinnya masih kalah dari Vettel, yakni 24 berbanding 35 poin.

Dengan diumumkannya Lance Stroll dan Vettel, maka kursi F1 untuk 2022 tak lagi tersisa banyak. Sejauh ini, hanya Alfa Romeo yang baru memiliki satu pebalap, yakni Valtteri Bottas. Sementara itu, Haas juga belum mengonfirmasi line-up mereka, meski Nikita Mazepin dan Mick Schumacher kemungkinan akan dipertahankan.

(adp/krs)