'Hamilton Lebih Berpengalaman, Akan Kalahkan Verstappen dan Jadi Juara F1'

Adhi Prasetya - Sport
Rabu, 03 Nov 2021 20:20 WIB
SOCHI, RUSSIA - SEPTEMBER 26: Race winner Lewis Hamilton of Great Britain and Mercedes GP celebrates on the podium with second placed Max Verstappen of Netherlands and Red Bull Racing during the F1 Grand Prix of Russia at Sochi Autodrom on September 26, 2021 in Sochi, Russia. (Photo by Yuri Kochetkov - Pool/Getty Images)
Verstappen diyakini Rosberg akan kalah dari Hamilton di akhir musim. Foto: Getty Images/Pool
Glasgow -

Lewis Hamilton dan Max Verstappen tengah bersaing merebut gelar Formula 1 2021. Mantan juara dunia F1 Nico Rosberg memberikan dukungannya pada sang driver Mercedes.

Selepas Rosberg pensiun tahun 2016, dominasi Hamilton bisa dibilang sulit disaingi pebalap manapun. Empat gelar juara dunia secara beruntun pada 2017-2020 pun berhasil disabet pebalap Inggris tersebut.

Namun pada F1 2021, Verstappen tampil sebagai ancaman utama Hamilton. Driver Red Bull Racing asal Belanda itu bahkan tengah memimpin klasemen sementara dengan 287,5 poin, unggul 12 poin dari Hamilton.

Verstappen juga sudah menang 8 kali dari 17 seri yang sudah digelar, sementara Hamilton baru 5 kali. Tak heran bila kekasih Kelly Piquet itu dijagokan mampu mencegah Hamilton meraih gelar juara dunia yang kedelapan.

Meski begitu, Rosberg justru menilai Hamilton akan bisa keluar dari tekanan. Dengan menyisakan 5 seri, driver 36 tahun itu diyakini mampu membalikkan situasi.

"Situasinya menarik, luar biasa. Ada dua pebalap terbaik dari generasi berbeda sedang bertarung dan Verstappen tengah berada dalam performa yang luar biasa saat ini," ujar Rosberg kepada Sky Sports di Glasgow, Skotlandia.

ZANDVOORT, NETHERLANDS - SEPTEMBER 05: Race winner Max Verstappen of Netherlands and Red Bull Racing and second placed Lewis Hamilton of Great Britain and Mercedes GP talk in the press conference after the F1 Grand Prix of The Netherlands at Circuit Zandvoort on September 05, 2021 in Zandvoort, Netherlands. (Photo by XPB - Pool/Getty Images)Ketatnya persaingan Hamilton dan Verstappen sampai membuat keduanya terlibat crash di Inggris dan Italia. Foto: Getty Images/Pool

"Namun entah kenapa, saya pikir Lewis, dengan pengalamannya, masih akan jadi pemenang di akhir musim. Lewis sudah pernah ada di posisi ini, dia sudah 7 kali jadi juara dunia, dan 9-10 kali bertarung merebut gelar hingga akhir musim. Sedangkan Max, ini adalah pertama kalinya ia berada di situasi seekstrem ini."

"Ada yang mimpi yang tengah dipertaruhkan, menjadi juara dunia Formula 1. Anda tak tahu apakah masih punya kesempatan itu di masa depan, dengan aturan yang akan berubah tahun depan, Anda juga tak tahu apakah Red Bull masih memiliki mobil yang cepat atau tidak."

"Jadi ada banyak yang dipertaruhkan, dan tekanan ada pada Max untuk menghadapi hal ini, sebab ia masih newbie di situasi ini," jelas juara dunia F1 2016 itu.

Duel Verstappen vs Hamilton akan berlanjut di F1 GP Meksiko, Minggu (7/11) mendatang, atau Senin (8/11) pukul 02.00 WIB.

(adp/krs)