F1 2022 Kembali Gelar Sprint Race, Ini Sejumlah Perubahannya

Adhi Prasetya - Sport
Selasa, 15 Feb 2022 13:48 WIB
MONZA, ITALY - SEPTEMBER 11: Carlos Sainz of Spain driving the (55) Scuderia Ferrari SF21 during the Sprint ahead of the F1 Grand Prix of Italy at Autodromo di Monza on September 11, 2021 in Monza, Italy. (Photo by Rudy Carezzevoli/Getty Images)
Suasana sprint race F1 musim lalu di Sirkuit Monza, Italia. Foto: Getty Images/Rudy Carezzevoli
Jakarta -

Seri Formula 1 2022 akan kembali menggelar balapan sprint di tiga sirkuit seperti tahun lalu. Namun ada beberapa perubahan, seperti sirkuit yang ditunjuk hingga sistem poin.

Dilaporkan situs resmi F1, balapan sprint musim ini diputuskan tetap di tiga seri seperti musim lalu. Sky Sports mengatakan hal ini untuk menghemat budget masing-masing tim, menyusul regulasi pembatasan biaya di musim ini.

Balapan sprint F1 2022 masih akan digelar di Sirkuit Interlagos (GP Brasil), namun Silverstone (GP Inggris) dan Monza (GP Italia) akan digantikan oleh Imola (GP Emilia Romagna) dan Red Bull Ring (GP Austria).

Selain itu, perubahan terjadi di pemberian gelar pole position. Sesi kualifikasi untuk menentukan posisi grid di balapan sprint masih akan digelar pada hari Jumat, namun pebalap tercepat di sesi tersebut juga berhak atas raihan pole position.

Sementara di musim lalu, status pole position tetap diberikan kepada pemenang sprint di hari Sabtu. Musim ini, pemenang sprint hanya mendapat poin dan posisi grid untuk balapan hari Minggu, tanpa embel-embel peraih pole position.

Sistem poin yang diberikan juga lebih baik, di mana pembalap yang finis delapan besar akan mendapat poin, mulai dari 8 poin untuk pemenang sprint hingga satu poin untuk pebalap yang finis urutan delapan. Musim lalu, hanya tiga besar yang mendapat poin.

Balapan sprint masih akan berlangsung dengan format 100 km nonstop. Dengan aturan F1 yang baru, diharapkan adu cepat ini bisa semakin menarik.

(adp/krs)