F1 GP Monako 2022: Tekad Leclerc Hapus Kutukan di Rumah Sendiri

Adhi Prasetya - Sport
Jumat, 27 Mei 2022 21:30 WIB
BARCELONA, SPAIN - MAY 22: Charles Leclerc (MCO) Team Scuderia Ferrari, F1-75, Ferrari 065 engine seen during the F1 World Championship Grand Prix of Spain on May 22, 2022 in Barcelona, Spain. (Photo by Cristiano Barni ATPImages/Getty Images)
Leclerc belum pernah menyentuh garis finis GP Monako selama kariernya di F1. Foto: Getty Images/ATPImages
Monako -

Charles Leclerc bertekad meraih hasil bagus di balapan Formula 1 GP Monako akhir pekan ini. Driver Ferrari tersebut ingin menyudahi rangkaian hasil buruk saat tampil di kandang sendiri.

Sejak menjadi pebalap utama di F1 pada 2018, Leclerc tak pernah sekalipu meraih poin di GP Monako. Ada saja kesialan yang ia dapat yang membuatnya tak bisa finis.

Pada 2018, Leclerc yang masih tergabung dengan Alfa Romeo mengalami crash di lap 70 usai rem depan mobilnya blong dan menabrak pebalap Toro Rosso, Brendon Hartley. Ia pun gagal finis.

Setahun berselang, Leclerc telah pindah ke Ferrari. Namun saat balapan F1 kembali hadir di Monako, ia lagi-lagi gagal finis. Di lap ke-9, ia menyenggol dinding pembatas saat mencoba menyalip Nico Hulkenberg.

Ia mengalami kerusakan ban di lap 10 dan masuk ke pitstop, namun akhirnya retired di lap ke-16 karena kerusakan floor yang diakibatkan insiden dengan Hulkenberg tersebut. Kemudian pada 2020, GP Monako ditiadakan karena COVID-19.

Pada F1 2021, Leclerc sebetulnya punya kans besar untuk memupus mimpi buruk itu. Ia bahkan meraih pole position. Namun crash yang ia alami saat kualifikasi ternyata menyisakan masalah pada mobilnya.

Sempat dikira baik-baik saja seusai menjalani inspeksi semalam sebelum lomba, mobil Leclerc ternyata mengalami masalah pada bagian poros penggerak sebelah kiri (driveshaft). Ia batal ikut lomba.

Dengan sederet hasil buruk itu, Leclerc tak mau lagi mengulang kisah pahit serupa di rumahnya sendiri. Ia kini mau meraih poin, meraih podium, meraih kemenangan.

"Trek ini bukan yang paling menguntungkan bagi saya selama ini, tapi itulah hidup. Hal semacam ini terjadi. Ini bagian dari olahraga balap, dan terkadang situasinya tak berjalan sesuai harapan, tapi semoga tahun ini berubah," ujar Leclerc, dikutip BBC.

"Saya akan melakukan pendekatan yang sama dengan yang sudah saya lakukan di balapan-balapan awal tahun ini. Hal tersebut berjalan lancar sampai saat ini, dan semoga hal tersebut juga berlaku bagi saya di balapan kandang ini," jelasnya.

F1 GP Monako akan digelar di Monte Carlo, Minggu (29/5/2022) pukul 20.00 WIB.

Hasil Charles Leclerc di F1 GP Monako:

2018 - retired

2019 - retired

2020 - ditiadakan karena COVID-19

2021 - did not start

(adp/aff)