Red Bull Santai Tangani Persaingan Verstappen-Perez di F1 2022

Adhi Prasetya - Sport
Jumat, 03 Jun 2022 08:55 WIB
MONTE-CARLO, MONACO - MAY 29: Race winner Sergio Perez of Mexico and Oracle Red Bull Racing and Third placed Max Verstappen of the Netherlands and Oracle Red Bull Racing talk in the press conference after the F1 Grand Prix of Monaco at Circuit de Monaco on May 29, 2022 in Monte-Carlo, Monaco. (Photo by Clive Mason/Getty Images)
Perez dan Verstappen sama-sama bersaing di papan atas musim ini. Foto: Getty Images/Clive Mason
Jakarta -

Max Verstappen dan Sergio Perez sama-sama berpeluang menjadi juara dunia Formula 1 musim ini. Red Bull Racing tak masalah siapa yang akan menjadi juara, dan lebih mementingkan gelar konstruktor.

Dari tujuh seri F1 2022 yang sudah digelar, Verstappen sang juara bertahan sudah meraih empat kemenangan dan masih memimpin klasemen pebalap dengan 125 poin. Namun Checo, panggilan Perez, membuntutinya tak jauh di belakang.

Pebalap asal Meksiko ini ada di urutan ketiga dengan koleksi 110 poin. Terbaru, ia meraih kemenangan pertama musim ini di GP Monako pada pekan lalu.

Sejak dipasangkan pada musim lalu, ini menjadi pertama kalinya posisi mereka berdua sama-sama berada dalam persaingan merebut gelar juara dunia. Ini disebabkan performa Checo yang meningkat pesat dibandingkan tahun lalu.

Isu adanya rivalitas internal kini mengemuka, mengingatkan publik dengan Lewis Hamilton dan Nico Rosberg di Mercedes beberapa tahun lalu. Namun bos Red Bull, Christian Horner mengatakan ia tak ambil pusing siapa yang akan menjadi juara dunia.

"Bagi kami, tak penting siapa di antara keduanya yang akan menjadi juara dunia. Tentu saja, gelar konstruktor amat penting," ujar Horner, dikutip Motorsport.

"Tapi siapakah yang juara antara Max atau Checo, mereka berdua adalah pebalap Red Bull, dan mereka berdua punya kesempatan yang sama. Musim ini masih panjang, akan ada naik turun performa, tapi jelas luar biasa bisa memiliki dua pebalap yang berada di baris depan."

"Checo sedang dalam performa terbaik dalam kariernya, dia melakukan tugasnya dengan baik. Dan itu bukan sesekali. Kita lihat saat dia meraih pole position di Jeddah (GP Arab Saudi). Dia betul-betul tampil bagus, dan itu juga bagus buat kami."

"Namun kami perlu dua pebalap yang bekerja bersama-sama. Karena Ferrari punya mobil yang lebih cepat, khususnya di kualifikasi. Soal hasil di balapan, itu tidak pasti, tapi mereka lawan yang kuat, dan kami harus bekerja secara kolektif untuk memastikan dua pebalap kami selalu di depan mereka," jelas Horner.

F1 2022 akan rehat dulu pekan ini. Balapan selanjutnya, yakni GP Azerbaijan, akan digelar pada 12 Juni mendatang.

(adp/bay)