Bos Ferrari Mattia Binotto Mundur!

ADVERTISEMENT

Bos Ferrari Mattia Binotto Mundur!

Mohammad Resha Pratama - Sport
Rabu, 30 Nov 2022 08:50 WIB
Mattia Binotto during the interview before the qualifying ahead of the Formula 1 Abu Dhabi Grand Prix at Yas Marina Circuit in Abu Dhabi, United Arab Emirates on November 19, 2022. (Photo by Jakub Porzycki/NurPhoto via Getty Images)
Mattia Binotto mundur dari Team Principal Ferrari. (NurPhoto via Getty Images/NurPhoto)
Maranello -

Mattia Binotto mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Team Principal Scuderia Ferrari. Kegagalan Ferrari menjuarai F1 2022 ditenggarai jadi alasannya.

Ferrari sebenarnya memulai musim lalu dengan baik, dua kemenangan dari tiga seri awal dan selalu naik podium. Secercah harapan untuk merusak dominasi Red Bull Racing dan Max Verstappen muncul.

Tapi, di 19 seri tersisa, Ferrari jeblok dan cuma meraih dua kemenangan di Austria serta Inggris Raya. Sementara, Red Bull meraih 13 kemenangan.

Ferrari bahkan belakangan kesulitan bersaing dengan Mercedes GP yang bangkit di akhir musim. Beruntung Ferrari masih bisa menempatkan Charles Leclerc sebagai runner-up dan juga posisi kedua di klasemen konstruktor.

Binotto sebagai pemimpin tim dianggap jadi sosok paling bertanggung jawab atas hasil buruk Ferrari musim lalu. Perpaduan antara realibilitas mobil, kesalahan strategi, dan juga blunder pebalap makin menyulitkan kinerja Binotto.

Masa depannya di pabrikan asal Maranello itu lantas dispekulasikan setelah F1 2022 selesai. Meski sempat membantah, Ferrari akhirnya mengonfirmasi pengunduran diri Binotto dari tim per Selasa (29/11/2022).

"Saya sedih harus mengundurkan diri dari Ferrari. Saya meninggalkan perusahaan yang saya cintai, di mana saya sudah jadi bagian dari mereka selama 28 tahun, dengan perasaan tenang karena telah melakukan segala usaha demi meraih target," ujar Binotto di situs resmi F1.

"Saya meninggalkan tim yang kompak dan sedang berkembang. Tim yang tangguh dan siap, sehingga saya yakin mereka bisa meraih target-target tertinggi, dan saya doakan semoga terwujud ke depannya. Meski berat, saya rasa memang inilah saat yang tepat mengambil keputusan ini," pria 53 tahun itu menambahkan.

"Saya ingin berterima kasih kepada semua orang yang ada di Gestione Sportiva, yang telah berbagi perjalanan ini bersama saya, baik di saat senang maupun susah."

Sebagai pengganti Mattia Binotto, bos Alfa Romeo Fred Vasseur dikabarkan jadi calon terkuatnya.



Simak Video "Tampang SUV Pertama Ferrari yang Siap Hadir di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(mrp/adp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT