Cerita Indra Sjafri dan Pelatih Naga Api Divaksinasi COVID-19

Mercy Raya - Sport
Jumat, 26 Feb 2021 12:39 WIB
Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri divaksinasi COVID-19 di Istora GBK, Senayan, Jumat (26/2).
Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri usai divaksinasi COVID-19 di Istora GBK, Senayan. (Foto: Mercy Raya/detikcom)
Jakarta -

Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri dan pelatih bulutangkis Herry Iman Pierngadi, yang akrab disapa pelatih Naga Api, menceritakan pengalaman usai divaksinasi COVID-19.

Vaksinasi untuk insan olahraga tahap pertama berlangsung pada Jumat (26/2/2021) di Istora GBK, Senayan. Total ada 820-an atlet, pelatih, dan tenaga pendukung dari 40 cabang olahraga yang telah terdata dan dipastikan ikut serta.

Indra Sjafri bersyukur bisa mendapat kesempatan untuk divaksinasi tahap pertama. Ia pun rileks mengikuti tahapan-tahapan yang disediakan panitia.

"Tahapan sebelum vaksin di sini ada empat kali, registrasi, cek data profil, isi formulir pernah ada sakit atau tidak, lalu cek oksigen, tensi darah. Setelah itu baru divaksin," kata Indra kepada pewarta.

"Setelah divaksin kita lapor lagi dan menunggu 30 menit kalau tidak ada masalah habis itu dapat kartu ini untuk vaksin kedua dan boleh pulang," ujar Indra Sjafri.

Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri divaksinasi COVID-19 di Istora GBK, Senayan, Jumat (26/2).Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri usai divaksinasi COVID-19 di Istora GBK, Senayan, Jumat (26/2). Foto: Mercy Raya/detikcom

"Sampai saat ini belum merasa apa-apa. Biasa saja cuma biasa bekas disuntik agak pegal," kata Indra ketika ditanya rasanya setelah disuntik.

Terlepas dari rasa pegal yang ia rasa usai divaksinasi COVID-19, Indra Sjafri sangat optimistis dengan usaha yang dilakukan pemerintah untuk memutus mata rantai COVID-19 di tanah air.

"Saya sangat percaya dengan ikhtiar, usaha. Ini kan usaha untuk kita sehat, untuk bisa tidak tertular ya saya jalani itu dan saya imbau ke masyarakat tidak mungkinlah vaksin ini diberikan ke masyarakat secara gegabah. Saya sudah merasakan. Ya minimal kita harus ikuti dan saya imbau harus vaksin-lah," imbaunya.

Pelatih Naga Api Tak Pegal, Malah Haus dan Lapar

Tak jauh berbeda dengan Indra, Herry Iman Pierngadi mengatakan dengan adanya vaksin ini dia merasa lebih yakin untuk melakukan kegiatan. Salah satunya saat mendampingi atlet mentas di turnamen internasional.

"Dengan adanya vaksin ini saya lebih tenang lebih yakin. Ya kalau saya pribadi masuk situ sudah biasa tapi suasananya agak beda. Saat masuk ke dalam tak seperti dibayangkan orang seram atau takut padahal suasananya santai. Jaga jarak juga diperhatikan banget," kata Herry terpisah.

Pelatih yang dijuluki fans badminton Naga Api ini juga tak merasakan kebas seperti kebiasaan orang disuntik. "Enggak ada (rasa kebas, pegal). Cuma tadi aturannya memang setelah divaksin tunggu 30 menit dulu. Setelah itu baru ambil sertifikat dan sampai sekarang puji syukur tidak merasa ada apa-apa," ujarnya.

"Yang ada haus sama lapar," guraunya kemudian.

Lebih lanjut Herry mengatakan tak ada pantangan khusus sampai nanti mendapat jadwal baru untuk vaksinasi COVID-19 yang kedua. "Enggak ada tapi tetap protokol kesehatannya dijaga," tambahnya.

Baik Herry maupun Indra Sjafri saat ini tengah menyiapkan atletnya masing-masing menuju event berbeda. Herry akan mendampingi atletnya ke All England 17-21 Maret mendatang. Sementara Indra bersama PSSI menyiapkan Timnas U-22 menuju SEA Games November mendatang.

Tonton video 'Pakai Jaket dan Topi, Ma'ruf Amin Tinjau Vaksinasi Atlet di Istora':

[Gambas:Video 20detik]



(mcy/krs)