detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Jumat, 26 Feb 2021 12:03 WIB

Begini Pesan Wapres Ma'ruf Amin Saat Hadiri Vaksinasi Atlet

Mercy Raya - detikSport
Jakarta -

Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin menghadiri kegiatan vaksinasi COVID-19 untuk insan olahraga pada Jumat (26/2/2021). Ada pesan yang disampaikan Ma'ruf.

Vaksinasi COVID-19 untuk tahap pertama berlangsung di Istora Senayan, mulai pukul 08.00 WIB. Selain atlet, pelatih, tenaga pendukung dari 40 cabang olahraga, kegiatan juga dihadiri oleh sejumlah pejabat. Yaitu dari mulai Menpora Zainudin Amali hingga Wapres Ma'ruf Amin.

"Alhamdulliah bisa mengikuti vaksinasi para atlet. Pemerintah memang ingin melakukan upaya percepatan vaksin supaya segera memperoleh kekebalan imunitas. Tapi memang dilakukan secara bertahap," kata Ma'ruf membuka sambutannya.

"Pertama tenaga kesehatan yang memang bergulat menangani COVID-19. Kedua TNI dan Polri karena banyak berhubungan juga," ujarnya.

Orang nomor dua RI ini kemudian menceritakan pengalamannya ketika pertama kali menerima vaksin.

"Saya sendiri alhamdullilah di awal sudah divaksin. Tidak ada apa-apa. Tidak merasakan apa-apa, sehat, karena vaksin ini memang sudah memperoleh uji klinis dan rekomendasi dan fatwa halal dari MUI," ujarnya.

"Lalu vaksinasi untuk para jurnalis karena mereka banyak mengikuti kegiatan masyarakat dan hari ini alhamdulillah saya ditugasi melihat vaksinasi atlet. Termasuk sebagai prioritas terutama mereka yang mengikuti event baik domestik maupun global."

"Karena event-event ini memang terus berjalan walaupun masa pandemi, walupun di beberapa negara tak dihadiri penonton, event olahraga ini penting. Selain hiburan tapi memenuhi kebutuhan komersial para atlet itu sendiri. Apalagi yang disiapkan mengikuti event internasional seperti olimpiade menjadi penting, harus disiapkan jauh-jauh hari supaya pada saatnya capai puncaknya."

"Oleh karena itu pemerintah harus bantu. Jika mereka terpapar tak bisa ikut mereka. Selain itu ada penting untuk mengharumkan nama bangsa, bendera Merah Putih dikibarkan di luar negeri karena hanya dua hal. Pertama pimpinan nasional ke luar negeri. Yang kedua atlet berhasil menjuarai satu turnamen baru dikibarkan merah putih. Jadi hanya dua hal saja," dia menjelaskan.

Dia pun mengharapkan agar kegiatan vaksinasi atlet ini bisa sekaligus memotivasi masyarakat. Sejauh ini masih ada sebagian masyarakat yang anti-vaksin.

"Kita harapkan melalui vaksin ini jadi motivasi masyarakat bawasannya untik atlet setelah divaksin tetap sehat, kuat, sehingga bisa beri motivasi yang lain."Semoga vaksin berjalan baik dan Allah memberikan hidayahnya," dia mengharapkan.

(mcy/rin)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com