detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Rabu, 03 Mar 2021 18:50 WIB

Lanjut! Zlatan Ibrahimovic Vs Lebron James, Masih Saja Ribut

Yanu Arifin - detikSport
MILAN, ITALY - FEBRUARY 09:  Zlatan Ibrahimovic of AC Milan celebrates during the Serie A match between FC Internazionale and AC Milan at Stadio Giuseppe Meazza on February 9, 2020 in Milan, Italy.  (Photo by Emilio Andreoli/Getty Images) Striker AC Milan, Zlatan Ibrahimovic (kiri) membalas lagi pernyataan LeBron James soal atlet bisa berpolitik. (Foto: Getty Images/Emilio Andreoli)
Milan -

Zlatan Ibrahimovic terlibat perang argumen dengan LeBron James. Masih bersikukuh dengan pendiriannya, striker AC Milan bilang begini.

Ibrahimovic dan James punya pandangan berbeda soal sikap seorang atlet di luar arena bertandingnya. Sang pesepakbola menilai, atlet seharusnya cuma fokus pada olahraga, bukan hal lain, politik misalnya.

"Saya suka LeBron James. Dia itu fenomenal, tapi saya tidak suka ketika orang dengan status tertentu bicara politik. Lakukan saja hal-hal yang dia bisa. Saya bermain bola karena sepakbola adalah keahlian saya. Saya bukan politikus. Jika saya ingin jadi politikus, saya baru terjun ke dunia politik," ujar Zlatan Ibrahimovic dalam wawancara dengan UEFA for Discovery+ yang dikutip ESPN.

LeBron James, yang merupakan pebasket kondang NBA, punya opini berbeda. Sosok yang kerap memerangi diskriminasi ras dari dalam arena basket itu menilai, sebagai atlet, dirinya juga punya hak bersuara.

"Saya akan menggunakan mimbar saya untuk terus menyoroti semua hal yang sedang terjadi di negara dan dunia ini. Tidak mungkin saya cuma berkutat di olahraga saja, karena saya paham betapa kuatnya mimbar dan suara saya," katanya, ketika membalas pernyataan Ibrahimovic.

Lebih lanjut, James, yang merupakan bintang LA Lakers, juga sempat menyindir Ibrahimovic, yang merasa mendapat diskriminasi soal ras. Isu rasisme sendiri adalah sesuatu yang gencar diperangi James.

"Dia adalah orang yang berbicara bahwa di Swedia, dia dulu mengatakan hal serupa, karena nama belakangnya bukan nama tradisional Swedia. Dia merasakan ada semacam rasisme yang terjadi saat itu," sambung mantan pebasket Cleveland Cavaliers dan Miami Heat itu.

Namun, Ibrahimovic tak mau kalah. Pesepakbola 39 tahun itu membalas LeBron James, dengan sekali lagi menyatakan atlet harus tetap bicara olahraga, bukan yang lain-lain.

"Rasisme dan politik adalah hal yang berbeda. Atlet mempersatukan dunia, politik membaginya," kata Ibrahimovic di festival musik San Remo, yang dilansir Marca.

"Semua orang disambut di lingkungan kami, tidak peduli dari mana Anda berasal dan kami melakukan segalanya untuk menyatukan orang. Peran kami adalah mempersatukan dunia dengan melakukan apa yang kami lakukan dengan cara terbaik."

"Kami tidak melakukan hal-hal lain karena kami kurang layak. Kalau tidak, saya akan berada dalam politik. Pesan saya? Atlet harus tetap menjadi atlet dan politisi harus menjadi politisi," ujar Zlatan Ibrahimovic, membalas LeBron James.

Simak juga 'Ibrahimovic, Calhanoglu dan Rebic Cedera':

[Gambas:Video 20detik]



(yna/aff)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com