'Sailor Moon Rusia' Evgenia Medvedeva Dukung Tim dari Jauh di Olimpiade

Kris Fathoni W - Sport
Senin, 26 Jul 2021 20:10 WIB
compete in the Figure Skating Team Event – Pairs Free Skating on day two of the PyeongChang 2018 Winter Olympic Games at Gangneung Ice Arena on February 11, 2018 in Gangneung, South Korea.
Sailor Moon Rusia Evgenia Medvedeva Dukung Tim dari Jauh di Olimpiade. Foto: Getty Images/Maddie Meyer
Jakarta -

Evgenia Medvedeva adalah atlet sarat prestasi dari Rusia. Ia pun didaulat jadi 'duta' buat tim Rusia di Olimpiade Tokyo 2020. Tapi sosok 'Sailor Moon Rusia' ini harus rela cuma bisa mendukung dari jauh.

Perempuan 21 tahun itu merupakan atlet seluncur indah dengan segudang prestasi. Sebut saja antara lain dua medali perak Olimpiade (musim dingin) 2018 di nomor beregu dan tunggal, juga dua kali juara dunia pada 2016 dan 2017.

Pada 2019 lalu, seperti dilansir Olympic.com, Evgenia Medvedeva pun ditunjuk jadi duta tim Rusia di Olimpiade Tokyo 2020, yang kemudian harus ditunda dan baru bisa digelar pada tahun ini.

GANGNEUNG, SOUTH KOREA - FEBRUARY 23:  Evgenia Medvedeva of Olympic Athlete from Russia competes during the Ladies Single Skating Free Skating on day fourteen of the PyeongChang 2018 Winter Olympic Games at Gangneung Ice Arena on February 23, 2018 in Gangneung, South Korea.  (Photo by Jamie Squire/Getty Images)Aksi Evgenia Medvedeva di Olimpiade Musim Dingin 2018. Foto: Getty Images/Jamie Squire

"Tugas utama Duta tim Olimpiade adalah mendukung dan bersama tim," kata Presiden Komite Olimpiade Rusia (ROC) Stanislav Pozdnyakov pada saat itu.

Pada prosesnya, pandemi COVID-19 bukan cuma membuat Olimpiade Tokyo 2020 harus mundur ke tahun ini. Protokol kesehatan ketat juga membuat Evgenia Medvedeva jadi tidak bisa ikutan berangkat ke Jepang untuk menemani tim kontingen Rusia.

"Sampai baru-baru ini, aku masih sangat berharap situasinya akan membuatku bisa terus dekat dengan tim di Tokyo. Semua tahu betapa diriku sangat ingin mendukung teman-teman yang sedang berjuang dan betapa (besar arti) Jepang buatku, tapi restriksi yang diberlakukan membuat aku ikut pergi pun jadi tidak ada artinya," ujar Evgenia Medvedeva seperti dilansir RT.com.

SAITAMA, JAPAN - OCTOBER 07:  Evgenia Medvedeva of Russia competes during the figure skating Japan Open at Saitama Super Arena on October 7, 2017 in Saitama, Japan.  (Photo by Takashi Aoyama/Getty Images)Evgenia Medvedeva meluncur di atas es Saitama 2017. Foto: Getty Images

Namun, hal itu turut ia tegaskan tak bakal menyurutkan semangat untuk memberikan semangat buat para kompatriotnya. Walaupun Evgenia Medvedeva tak bisa langsung berada di Jepang, negara yang diakuinya punya makna istimewa, ia tetap akan memberikan dukungan dan suntikan semangat dari Rusia.

Buat Evgenia Medvedeva, kegagalan berangkat ke Olimpiade Tokyo 2020 bukan cuma bikin dirinya tak bisa memberikan semangat secara langsung buat para rekan-rekannya yang sedang tampil. Ia juga jadi tak bisa menyambangi lagi negeri Jepang yang ia gemari.

Evgenia Medvedeva diketahui sangat menggemari anime dan manga Jepang. Kesukaan itu pun berimbas pada kemampuannya berbahasa; ia juga mampu mengucapkan kosa kata dasar dari bahasa Jepang.

Kesukaan itu pernah pula ia padukan dengan kemampuannya berseluncur. Evgenia Medvedeva pernah beraksi jadi karakter Sailor Moon di atas es!

[Gambas:Youtube]




Pada tahun 2020 lalu, Evgenia Medvedeva sempat dijadwalkan mentas di Tokyo dalam acara Sailor Moon Prism on Ice, yang membuatnya akan kembali beraksi di atas es sebagai Usagi Tsukino sekaligus persona superhero-nya, Sailor Moon. Tapi acara itu belum bisa terlaksana lantaran pandemi dan sejauh ini dimundurkan sampai Juni 2022.

[Gambas:Instagram]




(krs/raw)