HUT RI ke-76 dan Makna Kemerdekaan di Mata Atlet

Mercy Raya - Sport
Selasa, 17 Agu 2021 16:40 WIB
Memasuki bulan Agustus dan menjelang HUT RI, penjual bendera merah putih mulai menjamur. Salah satunya terpantau di bilangan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.
Foto: Andhika Prasetya
Jakarta -

Indonesia merayakan hari jadinya ke-76 tepat pada hari Selasa (17/8/2021) ini. Sejumlah atlet Merah Putih memaknai Kemerdekaan dengan berbagai harapan.

Pebulutangkis nasional, Gloria Emanuelle Widjaja, salah satunya. Ia berharap momentum 76 tahun kemerdekaan RI ini dapat menjadi tonggak untuk merdekanya Indonesia dari pandemi COVID-19.

Bagaimanapun, Gloria termasuk yang terkena dampak dari mewabahnya virus Corona yang terjadi secara mengglobal ini. Sebab, banyak turnamen bulutangkis yang seharusnya dia ikuti ditunda dan batal pelaksanaannya.

"Saya berharap di hari ulang tahun Indonesia ke-76 ini kasus COVID-19 di Tanah Air menurun dan keterisian kamar di rumah sakit sudah mulai kosong," kata Gloria.

[Gambas:Instagram]



"Merdeka untuk kita, merdeka juga untuk para tenaga kesehatan. Ayo berjuang bersama dan mudah-mudahan kita bisa menang dari kesulitan ini. Indonesia tangguh, Indonesia tumbuh," pesannya.

Sementara itu, atlet paratenis meja David Jacobs memaknai Kemerdekaan RI dengan terus berkarya sesuai bakat yang dia miliki. David saat ini menjadi salah satu dari 23 wakil Indonesia yang akan bertanding di Paralimpiade Tokyo 2020 mulai 24 Agustus sampai 5 September.

"Kemerdekaan itu bagaimana kita bisa berkarya sesuai dengan bakat, kemampuan dan talenta yang telah Tuhan berikan kepada kita," kata David.

Atlet paratenis meja David JacobsAtlet paratenis meja Indonesia, David Jacobs. Foto: dok. NPC Indonesia

"Kita harus mengisi kemerdekaan ini dengan melakukan hal-hal yang positif sesuai dengan kemampuan kita untuk diberikan kepada bangsa dan negara. Kita harus melakukannya dengan doa, usaha, kerja keras, dan konsisten. Yakinlah apa yang kita lakukan suatu saat akan menjadi besar," ujar peraih medali emas Asian Paragames 2018 ini.

Di momen HUT RI ke-76, harapan dan optimisme yang sama juga disampaikan atlet paracycling M. Fadli. Pebalap yang baru pertama kali tampil di Paralimpiade ini berharap generasi muda Indonesia dapat berjuang dan berkompetisi di semua bidang.

"Kemerdekaan Indonesia kali ini adalah momen ketika kita sebagai kawula muda terus berjuang dengan berkompetisi sesuai dengan bidangnya masing-masing, seperti saya berjuang di olahraga. Kompetisi ada di semua bidang tergantung kita akan mengambilnya atau tidak," kata Fadli.

"Harapan saya sebagai generasi muda ke depannya Indonesia jauh lebih baik lagi, apalagi di masa pandemi ini semua mengalami keterpurukan. Kita bangkit sama-sama baik dari bidang olahraga dan semua bidang yang bisa bikin Indonesia lebih maju," ujarnya.

Atlet paracycling M. Fadli.Atlet paracycling M. Fadli. Foto: dok. NPC Indonesia

(mcy/krs)