ADVERTISEMENT

Setahun Komunitas Oljen CC di Makassar: Bersepeda Sambil Beramal

Mohammad Resha Pratama - Sport
Kamis, 07 Jul 2022 00:21 WIB
Komunitas Sepeda Road Bike di Makassar Oljen CC rayakan hari jadi yang pertama, Selasa (5/7/2022)
Komunitas Sepeda Oljen CC rayakan hari ulang tahun pertama (dok.Oljen CC)
Makassar -

Olahraga bersepeda menjadi populer saat ini di Tanah Air. Salah satu komunitas di Makassar baru saja merayakan hari jadi pertamanya.

Selama dua tahun ini, masyarakat terpaksa mencari kegiatan baru yang bisa dikerjakan di tengah pembatasan mobilisasi demi menekan angka penularan kasus.

Siapa sangka bersepeda justru jadi gaya hidup baru masyarakat urban saat ini. Salah satu komunitas yang lahir di masa pandemi ini adalah Komunitas Sepeda Road Bike Oljen CC Makassar.

Oljen CC baru saja merayakan hari ulang tahun pertamanya, Selasa (5/7/2022). Awal mulai Oljen terbentuk adalah kala segelintir olahraga yang senang bersepeda jenis road bike mengelilingi kota Makassar.

Biasanya setelah bersepeda mereka lanjut mengobrol di kedai kopi, seperti yang wajar dilakukan di kota-kota besar. Dari situ, tercetuslah ide untuk membentuk komunitas sepeda road bike Olhen CC yang kini beranggotakan 175 member aktif.

Kegemaran mengayuh sepeda road bike One Day Cycling (menempuh perjalanan satu hari) adalah ciri khas mereka. Hingga memasuki satu tahun ini sejumlah rute perjalanan telah habis dilahap para anggotanya, seperti touring ke Bira, Bone, Parepare, Pinrang, bahkan gowes sampai ke Bali telah mereka lakukan.

Tidak hanya berkutat dengan kegemaran bersepeda saja, Oljen CC juga kerap melakukan kegiatan bakti sosial dan donor darah setiap tiga bulan sekali.

Komunitas Sepeda Road Bike di Makassar Oljen CC rayakan hari jadi yang pertama, Selasa (5/7/2022)Komunitas Sepeda Road Bike di Makassar Oljen CC rayakan hari jadi yang pertama, Selasa (5/7/2022) Foto: dok.Oljen CC

"Oljen CC baru saja merayakan ulang tahunnya yang pertama. Kita bentuk Oljen CC karena memiliki kesamaan hobi dan satu visi. Harapannya semua anggota tidak hanya ingin hidup sehat saja, tapi kami juga ingin memberikan sumbangsih kepada sesama masyarakat sekitar kita yang kurang mampu melalui kegiatan bakti sosial. Kami pun juga ingin membantu pemerintah daerah Sulawesi Selatan menyebarkan pariwisata di sini lewat unggahan media sosial para anggota kami saat kami melakukan kegiatan touring ke berbagai kota di Sulawesi Selatan," ujar Halim Suidra selaku salah satu penggerak sekaligus Ketua Oljen CC dalam rilis kepada detikSport.

Keseriusan membesarkan komunitas sepeda Oljen CC juga dilakukan dengan semangat kekeluargaan, seperti melakukan kegiatan bersama seperti launching jersey, aksi donor darah, memberikan bantuan sembako, dan berkunjung ke berbagai panti asuhan.

Tak cuma untuk kegiatan amal, diskusi juga dilakukan saat menentukan rute touring ke berbagai wilayah dengan persiapan yang matang dan terencana.

"Di sini tidak ada pengkotak-kotakan. Mau dari suku apa, agama apa, status sosial dan pekerjaan yang berbeda boleh bergabung bersama kami. Syarat bergabung di komunitas ini adalah menghormati peraturan yang di buat bersama. Setiap kegiatan touring dan juga kegiatan sosial pun juga tidak dipatok biaya. Jika ada anggota kami yang mempunyai rejeki lebih, biasanya mereka juga secara sukarela membantu persiapan touring. Sama halnya dengan kegiatan sosial. Prinsipnya tidak hanya ingin hidup sehat, tapi bagaimana Oljen CC juga bisa bermanfaat disekitar kita," kata salah satu Pembina Oljen CC H.M. Syahrir

Untuk menjaga performa dalam kegiatan touring, para anggota Oljen CC kerap menggelar latihan rutin bersama, seperti bersepeda dengan jarak 30-40 km dan 60-100 km setiap minggunya.

Bagi anggota yang baru level pemula, mereka juga diajarkan teknik mengayuh dengan kecepatan tinggi secara bertahap dan bagaimana bersepeda yang aman. Mereka juga tidak lupa mengajarkan kepada anggotanya untuk cek tekanan darah sebelum memulai bersepeda dengan rute yang panjang.

Komunitas Sepeda Road Bike di Makassar Oljen CC rayakan hari jadi yang pertama, Selasa (5/7/2022)Komunitas Sepeda Road Bike di Makassar Oljen CC rayakan hari jadi yang pertama, Selasa (5/7/2022) Foto: dok.Oljen CC

"Keselamatan adalah hal wajib yang harus kita perhatikan sebelum melaksanakan kegiatan road bike. Kami masih mempunyai mimpi menjelajahi berbagai Kota di Sulawesi Selatan dan bahkan bisa touring ke luar wilayah Sulawesi Selatan lainnya. Oljen CC juga berharap bisa bersinergi dengan instansi pemerintah daerah menggelar berbagai event road bike di Sulawesi Selatan dan turut menyebarkan virus pariwisata di Sulawesi Selatan, agar para wisatawan khusus pecinta sepeda, apapun jenisnya untuk berwisata sekaligus bersepeda di sini. Semoga Oljen CC juga bisa menyebarkan virus bersepeda di Kota Makassar maupun di seluruh wilayah Sulsel," papar Halim.



Simak Video "Museum Sepeda, Melihat Koleksi Berbagai Jenis Sepeda Dari Belahan Dunia, Jepang"
[Gambas:Video 20detik]
(mrp/bay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT