detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Sabtu, 11 Jan 2020 17:09 WIB

Tersangkut Doping, Apa Hukuman untuk Iannone?

Novitasari Dewi Salusi - detikSport
Pebalap MotoGP Andrea Iannone tengah tersangkut kasus doping (Foto: Mirco Lazzari gp / Getty Images) Pebalap MotoGP Andrea Iannone tengah tersangkut kasus doping (Foto: Mirco Lazzari gp / Getty Images)
Jakarta - Andrea Iannone tengah tersangkut kasus doping. Jika terbukti positif, apa hukuman yang mengancam rider Aprilia itu?

Desember lalu, Iannone dinyatakan gagal melewati tes doping usai balapan di MotoGP Malaysia pada 3 November 2019. Ditemukan adanya kandungan zat terlarang dalam sampel urine Iannone kala itu.

Sampel B Iannone pun belum lama ini juga dinyatakan positif meski jumlahnya sedikit. Zat terlarang yang disebut ada dalam sampel Iannone adalah drostanolone, yang biasa digunakan untuk body building.

Dalam pembelaannya, pengacara Iannone, Antonio De Rensis, menduga zat tersebut masuk ke tubuh Iannone lewat daging yang terkontaminasi yang dikonsumsi si pebalap selama di Asia. Bagaimanapun, mantan pebalap Ducati itu harus bersiap menghadapi sidang disiplin.


Hasil sidang disiplin akan diketahui dalam kurun waktu 45 hari. Jika terbukti positif doping, Iannone bisa dihukum empat tahun.

Empat tahun adalah hukuman maksimal yang bisa didapat Iannone. Namun, hukuman itu bisa saja dikurangi jadi dua tahun jika masuknya zat terlarang ke dalam tubuh terjadi secara tidak sengaja (misalnya tercampur ke produk lain).

Dampak dari zat terlarang itu juga bisa jadi pertimbangan, apakah berpengaruh terhadap peningkatan performa si pebalap. Jika si pebalap memang tidak berniat untuk berbuat curang dengan doping, maka bukan tidak mungkin hukuman yang diberikan hanya sebatas teguran.

Bagaimanapun, Iannone masih dilarang beraktivitas di kompetisi balap hingga kasus ini selesai. Ia diprediksi akan melewatkan dua tes pramusim pada Februari nanti.



Simak Video "Hasil MotoGP Thailand: Marquez Juara Dunia 2019"
[Gambas:Video 20detik]
(nds/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com