detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Senin, 12 Nov 2012 07:19 WIB

MotoGP 2012

Takhta Juara Punya Lorenzo, Kemenangan Terbanyak Milik Pedrosa

- detikSport
AFP/Javier Soriano AFP/Javier Soriano
Valencia - Jorge Lorenzo, Dani Pedrosa, dan Casey Stoner mendominasi MotoGP 2012. Dari seluruh balapan, kemenangan selalu jadi milik salah satu dari mereka, dengan Pedrosa mencatatkan kemenangan terbanyak kendati takhta juara dunia tetap milik Lorenzo.

Pedrosa menyudahi MotoGP 2012 sebagai rider dengan jumlah kemenangan terbanyak, termasuk di antaranya pada seri penutup di Valencia, Minggu (11/11/2012) malam WIB.

Total tujuh kemenangan dicatatkan Pedrosa dari total 18 seri yang berlangsung musim ini. Rider Repsol Honda itu memenangi balapan di Jerman, Indianapolis, Republik Ceko, Aragon, Jepang, Malaysia, dan Valencia.

Jumlah kemenangan Pedrosa, yang menuntaskan musim di posisi dua klasemen dengan 332 poin, tetap tidak mampu membawanya menjuarai musim ini karena titel itu telah dipastikan jadi milik Lorenzo paskabalapan di Phillip Island lalu.

Dalam balapan yang dihelat di kandang Stoner tersebut, Lorenzo memang cuma finis di posisi dua meskipun itu sudah cukup karena Pedrosa, satu-satunya pebalap yang masih bersaing dengannya, tidak bisa finis.

Uniknya, dalam balapan di Valencia gantian Lorenzo yang crash sehingga gagal menambah koleksi angkanya yang berjumlah 350 poin. Lorenzo sendiri merupakan rider dengan jumlah kemenangan terbanyak kedua musim ini, dengan total enam podium pertama.

Kemenangan-kemenangan pebalap Yamaha tersebut ia catatkan di Qatar, Prancis, Catalunya, Inggris Raya, Italia, dan San Marino.

Lorenzo sendiri memang menyayangkan kegagalannya naik podium, atau bahkan finis sekalipun, di Valencia yang juga salah satu balapan kandangnya. Namun, gelar juara dunia MotoGP nomor dua untuknya, setelah 2010, jelas menjadi pengobat kecewa yang amat mujarab.

"Yang terpenting adalah gelar juara dunianya, bukan? Aku sudah memenangi 'medali emasnya', jadi mari berpesta malam ini--cuma satu kaki saja karena aku masih merasa kesakitan, tapi tak apalah. Aku sangat senang dan bangga dengan titel juara dunia ini," tegas Lorenzo sambil bergurau, di situs MotoGP.

Untuk Pedrosa, kegagalan kali ini jelas mengecewakan meski ia tetap terlihat puas karena secara umum performanya musim ini memang terbilang amat positif. "Ini sudah menjadi musim yang bagus, jadi terima kasih untuk tim dan juga para fans," lugasnya di Autosport.

Sementara itu rekan Pedrosa di Repsol Honda, Stoner, menjadi pebalap dengan jumlah kemenangan terbanyak ketiga musim ini dengan total lima kemenangan; di Spanyol, Portugal, Belanda, Amerika Serikat, dan Australia.

Stoner yang merupakan juara dunia MotoGP 2007 dan 2011 itu kini akan menyudahi partisipasinya di MotoGP karena telah mengumumkan bakal pensiun saat musim 2012 berakhir. Podium ketiga di Valencia pun telah menjadi "salam perpisahan" dari si rider Australia yang finis di posisi tiga klasemen akhir.





(krs/rin)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com