Stoner Juga Kritik Gaya Membalap Marquez

- Sport
Jumat, 04 Okt 2013 11:57 WIB
Getty Images/Mirco Lazzari gp
Jakarta - Bukan cuma Jorge Lorenzo yang melontarkan kritik atas gaya membalap Marc Marquez. Mantan pebalap Honda, Casey Stoner, juga mengungkapkan pernyataan senada, dan meminta Marquez lebih menghormati lawan-lawannya.

Kritikan Lorenzo pada Marquez datang menyusul insiden yang melibatkan pebalap muda Honda itu dengan Dani Pedrosa pada balapan di MotoGP Aragon, akhir pekan lalu. Saat beradu kebut, motor Pedrosa dan Marquez sedikit bersenggolan dan membuat Pedrosa terjatuh dan akhirnya gagal finis.

Insiden di Aragon disebut Lorenzo bukan sesuatu yang serius, namun akumulasi aksi-aksi Marquez di sepanjang musim ini disebutnya sangat membahayakan dirinya sendiri dan pebalap lain.

Penyataan senada kini diutarakan Stoner. Eks rider Honda yang sudah memutuskan pensiun itu menyebut Marquez harus lebih tenang dan menghormati pebalap lainnya.

"Beberapa pebalap harus berusaha lebih tenang. Saya menaruh hormat pada Marc, tapi tahun ini dia tak punya hormat pada orang-orang yang ada di sekitarnya," sahut Stoner seperti diberitakan La Gazzetta dello Sport.

Marquez disebut Stoner punya bakat besar di balapan Grand Prix, namun itu harus diimbangi juga dengan sikap yang lebih baik.

"Dia melakukannya dengan sangat baik (di atas lintasan), dan dia akan bisa memenangi gelar juara dunia jika bisa lebih menghormati dan lebih penuh perhitungan, itu adalah nilai yang terpenting," lanjut Stoner.

(din/a2s)