detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Jumat, 05 Mei 2017 05:54 WIB

Jelang MotoGP Spanyol

Di Jerez, Mungkin Tak Ada Celah yang Tak Diketahui Rossi

Randy Prasatya - detikSport
Foto: AFP/Juan Mabromata
Jerez de la Frontera - Selama 21 tahun, Valentino Rossi tak pernah melewatkan balapan di Jerez. Maka pebalap Movistar Yamaha itu tahu benar lintasan untuk MotoGP Spanyol ini.

Sampai saat ini belum ada pebalap yang bisa menandingi jumlah kemenangan Rossi di Sirkuit Jerez. Dia tercatat sudah sembilan kali berada di podium juara dengan rincian tujuh kali di kelas primer dan masing-masing sekali di kelas 250 cc dan 125cc.

Sebagai 'raja' Jerez, Rossi punya bekal bagus untuk membuka rekening kemenangan di musim ini, pada balapan di sirkuit tersebut, Minggu (7/5/2017) nanti. Apalagi pebalap 38 tahun itu sudah hapal betul titik demi titik trek itu.

"Saya tahu betul dengan sirkuit ini, karena saya tumbuh di sini bersama Aprilia dan ketika saya masih sangat muda, saya melakukan banyak tes dengan motor 125cc dan 250cc," kata Rossi seperti dilansir Crash.

"Sekarang sudah sedikit berubah dan para pebalap muda lebih sedikit melaju di sini, karena tes-tes lebih banyak di Malaysia dan lainnya. Tapi saat saya masih muda Jerez adalah pusatnya tempat tes, dengan 500cc dan MotoGP."

"Saya tahu treknya dengan baik dan ini adalah salah satu yang terbaik sepanjang musim dan merupakan salah satu akhir pekan terbaik," imbuh juara di Jerez musim lalu ini.

Jerez merupakan balapan perdana MotoGP 2017 di Eropa. Ada antusiasme besar dari Rossi dengan seri-seri di benua biru dimulai.

"Senang sekali kembali ke Eropa. Saya tidak akan mengatakan bahwa inilah kejuaraan sebenarnya. Tapi kita punya sebagian besar trek tertua, dengan sejarah yang besar. Dan pastinya ada atmosfer berbeda dengan banyaknya fans dan itu selalu menyenangkan," tandas pebalap 38 tahun itu. (raw/mfi)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com