DetikSport
Kamis 10 Agustus 2017, 10:51 WIB

Jelang MotoGP Austria

Tantangan Naik Podium di Red Bull Ring untuk Rossi

Kris Fathoni W - detikSport
Tantangan Naik Podium di Red Bull Ring untuk Rossi Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images
Jakarta - Valentino Rossi belum pernah bisa naik podium di Red Bull Ring pada kelas primer. Bisakah ia melakukannya untuk kali pertama pada akhir pekan ini?

Di kalender saat ini, Red Bull Ring menjadi satu-satunya sirkuit tempat Rossi belum pernah sekali pun menginjakkan kakinya di atas podium pada kelas primer.

Pun begitu, Red Bull Ring memang baru kembali menjadi tempat perhelatan kejuaraan dunia balap motor grand prix pada 2016 setelah sebelum itu dua kali menghajat balapan pada 1996 dan 1997 -- menggantikan Salzburgring (1971-1994).

Untuk diketahui, Rossi baru tampil di kelas primer pada tahun 2000. Artinya sejauh ini baru satu kali Rossi berkesempatan tampil di Red Bull Ring pada kelas primer.

Dalam penampilan tunggal Rossi di Red Bull Ring pada kelas MotoGP, rider Movistar Yamaha tersebut harus puas dengan posisi finis keempat. Balapan tahun lalu itu memunculkan Andrea Iannone, Andrea Doviziso, dan Jorge Lorenzo di podium.

Pun begitu, Rossi mampu naik podium di Red Bull Ring ketika tampil pada kelas 125cc di tahun 1996 dan 1997, yakni posisi ketiga dan kedua secara berurutan.

Menjelang balapan MotoGP Austria di Red Bull Ring pada akhir pekan, Rossi pun menungkap harapannya untuk bisa merebut podium pertamanya pada kelas MotoGP di sirkuit tersebut.

"Langsung balapan lagi sangat penting buat kami, terlebih setelah tes hari Senin di Brno ketika kami menjajal sedemikian banyak hal. Di MotoGP Republik Ceko lalu kami kencang di segala kondisi dan tes sudah membantu kami mendapat pemahaman lebih banyak," ujar Rossi di MotoGP.com.

"Sekarang kita menuju sirkuit di Austria, yang tak terlalu menguntungkan buat kami. Tapi saya berharap kami bisa bersaing memperebutkan hasil bagus. Kini saya lebih nyaman dengan YZR-M1, saya bisa mengendarainya dengan lebih baik, dan saya berharap bisa memburu podium di setiap balapan."

"Kejuaraan dunia masih terbuka dan akan jadi hal penting untuk meraih poin sebanyak mungkin," tuturnya.

Saat ini Rossi menempati peringkat keempat klasemen sementara dengan 132 poin, terpaut 22 angka dari pemuncak klasemen Marc Marquez (Repsol Honda). Dalam balapan di Brno akhir pekan lalu, Rossi finis keempat. Sehari setelah balapan, The Doctor menjadi pebalap dengan catatan waktu tercepat dalam tes di sirkuit yang sama.



(krs/rin)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed