DetikSport
Minggu 14 Januari 2018, 18:12 WIB

Ini Komentar Pebalap soal Airbag di MotoGP

Novitasari Dewi Salusi - detikSport
Ini Komentar Pebalap soal Airbag di MotoGP Valentino Rossi mendukung penggunaan airbag di MotoGP (Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images Sport)
Jakarta - Mulai musim 2018, para pebalap di MotoGP wajib mengenakan baju balap yang dilengkapi airbag. Begini pendapat Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo soal airbag.

Airbag atau kantung udara diharapkan bisa meminimalisasi risiko cedera untuk para pebalap saat mengalami crash. Nantinya, airbag harus menutupi dan melindungi bagian bahu dan tulang selangka.


Soal airbag, Rossi mendukung penggunaannya. Menurut rider Yamaha itu, airbag sangat membantu pebalap saat crash.

"Bagi saya ini adalah langkah luar biasa untuk keamanan, khususnya untuk bagian bahu dan tulang selangka," Rossi mengatakan seperti dikutip Crash.

"Saya pikir sekitar tahun 2009, Dainese mulai mencoba (airbag) setelah studi panjang tapi saya tidak merasa nyaman di awal karena saya kehilangan beberapa pergerakan dan berat. Karena itu terlalu besar."

"Tapi sejak saat itu mereka bisa memperbaikinya dan sekarang saya tidak ingin masuk ke trek tanpa D-Air, karena tentu saat crash itu bisa banyak membantu."

Sementara itu, Lorenzo mengaku sudah menggunakan airbag sejak 2016 meski tak selalu memakainya. Sama seperti Rossi, pebalap Ducati itu juga mendukung penggunaan airbag.

"Saya ingin membantu Alpinestars membuat evolusi bagus, karena saya pikir ini penting untuk keamanan pebalap dan saya pikir ini adalah hal yang bagus," Lorenzo menyatakan.

"Kami harus sedikit meningkatkan kenyamanan karena ketika memakai airbag, bahu Anda sedikit kaku dan ini adalah sesuatu yang harus kami perbaiki, juga membuatnya lebih aman."

"Tapi ini sangat menarik dan sangat bagus untuk keamanan pebalap. Jadi saya mendukungnya," dia menambahkan.


(nds/fem)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed