DetikSport
Senin 09 April 2018, 16:22 WIB

MotoGP Argentina

Selain Rossi vs Marquez, Ada Insiden Zarco vs Pedrosa

Yanu Arifin - detikSport
Selain Rossi vs Marquez, Ada Insiden Zarco vs Pedrosa Pebalap Repsol Honda Dani Pedrosa terjatuh di tikungan ke-13 Sirkuit Termas de Rio Hondo usai bersenggolan dengan rider Yamaha Tech3 Johann Zarco. (Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Termas de Rio Hondo - MotoGP Argentina tak cuma menyajikan drama senggolan antara Valentino Rossi dan Marc Marquez. Adapula insiden yang melibatkan Johann Zarco dan Dani Pedrosa.

MotoGP Argentina di Sirkuit Termas de Rio Hondo, Senin (9/4/2018) dini hari WIB, berlangsung dengan banyak drama. Tentu yang menjadi sorotan adalah insiden senggolan Rossi dengan Marquez.


Namun di lap awal, insiden antarpebalap rupanya sudah terjadi. Itu melibatkan Zarco dan Pedrosa.

Pedrosa dan Zarco mengalami clash di tikungan ke-13. Zarco coba menyalip Pedrosa dari dalam, yang memang sedikit melebar. Tapi imbasnya keduanya bersenggolan.

Pedrosa pun melebar, tergelincir, dan gagal melanjutkan balapan. Adapun Zarco sempat terlihat mengalami selip di ban belakangnya, tapi masih bisa menguasai motor dan melanjutkan race.


Usai balapan, Zarco menganggap Pedrosa terjatuh karena melebar ke trek yang area permukaannya masih basah. Secara tidak langsung, rider Prancis itu menilai rivalnya tidak cukup beruntung.

"Saya melihat Marc (Marquez) dan Jack (Miller) memimpin race dengan kecepatan yang lebih baik daripada Dani, soal Dani, dia terkadang bisa balapan dengan aman di awal. Saya tidak mau melewatkan ritme dari dua orang di depan saya, jadi saya mengambil keputusan untuk menyalipnya di tikungan ke-13," kata Zarco dilansir Crash.

"Di race line dan sisi dalam kondisinya kering. Saya menggunakan area itu untuk menyalipnya, tapi ketika Anda memasuki tikungan dengan jalur yang berbeda, Anda akan melebar dan masalahnya adalah Dani berada di area yang basah."

Selain Rossi vs Marquez, Ada Insiden Zarco vs PedrosaDani Pedrosa terjatuh di Sirkuit Termas de Rio Hondo usai bersenggolan dengan Johann Zarco, Argentina. (Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images)


"Saya juga berusaha membuat motor tidak terjatuh sebab jika saya jatuh ya akan membuatnya terjatuh. Saya tidak terjatuh di area yang basah, tapi saya tidak tahu kalau dia (Pedrosa) terjatuh. Saya melihat Alex menyalip dan menurut saya Dani tetap di belakang. Dia kurang beruntung di area itu," Zarco menegaskan.

Di akhir balapan, Zarco akhirnya bisa finis kedua di bawah Cal Crutchlow yang jadi pemenang MotoGP Argentina. Itu menjadi podium pertama Zarco musim ini.


Pedrosa sendiri tak mau banyak berkomentar. Ia hanya meminta Race Direction bisa lebih jeli terhadap aksi-aksi para pebalap.

"Tidak banyak yang bisa dikatakan soal balapan. Saya pikir kami sudah bekerja dengan baik sepanjang pekan dan saya juga tampil bagus. Balapan saya berakhir sebelum lap pertama berakhir. Race Direction harus melihat setiap keselamatan pebalap. Sekarang saya merasakan sedikit sakit di pergelangan tangan kanan. Saya akan mengeceknya di Barcelona," ia mengatakan di situs resmi HRC.


(yna/yna)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed