detiksport
Follow detikSport
Selasa, 10 Apr 2018 18:23 WIB

Heboh Rossi vs Marquez, Hal-hal Ini Terselip di MotoGP Argentina

Kris Fathoni W - detikSport
Balapan MotoGP Argentina 2018 (Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images) Balapan MotoGP Argentina 2018 (Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Rio Hondo - MotoGP Argentina 2018 dihebohkan insiden Valentino Rossi vs Marc Marquez, membuat sejumlah pencapaian tertentu jadi seperti terselip di tengah keriuhan itu.

Hal terkait ini sebelumnya sempat dikeluhkan oleh Cal Crutchlow (LCR Honda) yang menjadi pemenang dalam balapan di Autodromo Termas de Rio Hondo. Ia kesal karena sesi jumpa pers trio podium tidak diramaikan jurnalis.


Padahal, MotoGP Argentina menghadirkan sejumlah catatan dan torehan buat sejumlah pihak, alias tak melulu soal Rossi vs Marquez. Crutchlow, misalnya, yang meraih podium ketiga di kelas primer dan memimpin klasemen MotoGP untuk kali pertama dalam kariernya.





Berikut catatan dan torehan yang terselip itu, seperti dirangkum dari sejumlah sumber:

- Insiden di MotoGP Argentina bukan cuma Rossi vs Marquez, ada pula senggolan Johann Zarco dengan Dani Pedrosa. Zarco bisa lanjut tapi balapan Pedrosa berakhir usai jatuh terpelanting dalam sebuah insiden highside. Rider Repsol Honda itu kini berencana melakukan pemeriksaan lanjutan pada hari Selasa (10/4/2018) karena masih merasakan nyeri pada pergelangan tangan.


- Crutchlow meraih kemenangan ketiga di kelas primer. Dua kemenangan sebelumnya ia raih juga bersama LCR Honda, pada MotoGP 2016.

- Crutchlow kini memimpin klasemen sementara MotoGP 2018 dengan 38 poin, unggul tiga angka dari Andrea Dovizioso Ducati).Semenjak Barry Sheene pada 1979, kini baru ada Crutchlow sebagai rider Britania Raya di posisi puncak klasemen kelas primer.

- Kemenangan Crutchlow membuat pabrikan Honda kini sudah meraih 750 kemenangan grand prix yang terbagi ke dalam tujuh kategori berbeda yakni: 13 di 50cc, 164 di 125cc, 43 di Moto3, 207 di 250cc, 35 di 350cc, 156 di 500cc, dan 131 di MotoGP.


- Berkat finis kedua di Argentina, Johann Zarco (Monster Yamaha Tech 3) kini memiliki koleksi empat podium sejak tampil di kelas primer musim lalu. Sudah tiga kali Roookie Terbaik MotoGP 2017 itu menjadi runner-up balapan kelas primer.

- Berkat finis ketiga di Argentina, Alex Rins (Suzuki Ecstar) berhasil meraih podium pertamanya pada kelas primer semenjak mulai tampil pada musim lalu. Ini juga finis pertamanya musim 2018, setelah tidak finis di Qatar pada seri pembuka.

- Hafizh Syahrin (Monster Yamaha Tech 3), rider Asia Tenggara pertama yang tampil di MotoGP, finis di posisi kesembilan MotoGP Argentina. Pebalap asal Malaysia itu meraih posisi 10 besar pertamanya di kelas primer sekaligus melanjutkan tren positif lewat raihan poin dari dua balapan. Syahrin sebelumnya finis di posisi ke-14 di Qatar dan kini jadi rookie dengan posisi terbaik.


- Franco Morbidelli (EG 0,0 Marc VDS), rookie lain musim ini, juga kembali meraih poin di dua balapan awal. Setelah finis di posisi ke-12 pada balapan di Qatar, Morbidelli finis ke-14 di Argentina.

- Takaaki Nakagami (LCR Honda) mencatatkan poin perdananya di kelas primer setelah finis di posisi ke-13 MotoGP Argentina.

- Tiga (dari total lima) rookie MotoGP 2018 tersebut saat ini memiliki posisi klasemen yang bahkan lebih baik daripada Jorge Lorenzo (Ducati) sang peraih tiga titel juara dunia MotoGP.

- Lorenzo menyudahi MotoGP Argentina dengan finis ke-15 untuk dapat satu poin, yang juga menjadi poin pertamanya musim ini. Raihannya untuk sementara cuma lebih baik dari Thomas Luthi, Bradley Smith, Aleix Espargaro, dan Xavier Simeon.


(krs/nds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed