DetikSport
Kamis 19 April 2018, 17:52 WIB

Jelang MotoGP Austin

Syukur Dovi atas Insiden Rossi-Marquez di Argentina

Yanu Arifin - detikSport
Syukur Dovi atas Insiden Rossi-Marquez di Argentina Valentino Rossi terjatuh usai disenggol Marc Marquez di MotoGP Argentina. (Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Austin - Andrea Dovizioso menyebut Marc Marquez melakukan banyak kesalahan atas insiden di Argentina. Tapi Dovi tak menyangkal kejadian itu menguntungkan dia dalam perolehan poin.

MotoGP Argentina 2018 menyajikan drama antara Rossi dan Marquez. Rossi terjatuh karena disenggol Marquez dari belakang saat hendak menikung di Sirkuit Termas de Rio Hondo. Kejadian itu membuat hubungan kedua rider kembali memanas.

Dovi, yang finis keenam di Argentina, enggan mengomentari banyak soal insiden itu. Ia cuma menyimpulkan jika Marquez memang membuat kesalahan.


"Saya tidak ingin berbicara tentang apa yang enam kali juara dunia (Marquez) harus ubah seperti juara dunia sembilan kali (Rossi)," kata Dovi dikutip Crash.

"Tapi yang pasti, Marc melakukan sesuatu yang salah. Dia punya margin untuk mengatur setiap situasi dan dia melakukan banyak kesalahan. Strateginya tidak berhasil," tambah rider Ducati itu.


Di Argentina, Cal Crutchlow keluar sebagai pemenang dan kini memuncaki klasemen dengan 38 poin. Dovi mengekor di peringkat dua, menjauh dari Marquez yang turun ke posisi lima (20 poin) dan Rossi di posisi tujuh (16) usai gagal dapat poin di Argentina.

Meski kontroversi tercipta akibat insiden Marquez dan Rossi, hal itu memberi keuntungan buat Dovi karena kedua pebalap itu tak dapat poin. Terlebih Dani Pedrosa juga gagal menambah angka setelah mengalami kecelakaan.

"Mendapat posisi enam, dengan sedikit keberuntungan tentunya, adalah hasil yang sangat positif bagi kami dan kejuaraan. Tiga pebalap yang bersaing memenangi kejuaraan (Rossi, Marquez, dan Dani Pedrosa) meraih poin nol dan itu bagus," lanjut Dovi.

Selanjutnya, balapan akan bergulir di Austin, Texas, Amerika Serikat (22/4/2018). Dovi menilai trek Circuit of the Americas (COTA) cukup menyulitkan.


"Sekarang kami tiba di Austin, yang treknya sangat bagus tapi menjadi salah satu yang agak sulit. Kami harus mempertimbangkan kondisi trek karena tahun lalu banyak gundukan, dan ban, yang bisa berpengaruh di akhir pekan," lanjut Dovi.

"Bagaimanapun juga kami tahu kekuatan kami dan aspek mana yang harus dikerjakan, jadi penting untuk segera bekerja sejak sesi pertama untuk mempersiapkan balapan dengan baik," harapnya.
(yna/din)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed