detiksport
Follow detikSport
Jumat, 04 Mei 2018 03:35 WIB

MotoGP Spanyol

Seri Jerez yang Amat Krusial untuk Yamaha

Rifqi Ardita Widianto - detikSport
Valentino Rossi menantikan kemampuan YZR-M1 di Jerez. (Foto: Getty Images) Valentino Rossi menantikan kemampuan YZR-M1 di Jerez. (Foto: Getty Images)
Jakarta - MotoGP Spanyol disebut Valentino Rossi akan krusial untuk Movistar Yamaha. Di sinilah kemampuan YZR-M1 yang sesungguhnya terbaca: negatif atau positif.

Tim Movistar Yamaha tiba di Jerez dengan catatan yang tak bisa dibilang bagus. Rossi baru sekali naik podium, saat finis ketiga di Qatar. Dua seri berikutnya dia finis di posisi 19 dan empat.

Rekan setim Rossi, Maverick Vinales, juga baru sekali naik podium. Usai finis keenam dan kelima di Qatar dan Argentina, Vinales naik podium dua di Austin.


Namun catatan ini disebut Rossi belum bisa dijadikan tolok ukur untuk sisa musim nanti. Sebab segala sesuatunya bisa berubah saat masuk seri Eropa, yang dimulai di Jerez akhir pekan ini.

Musim lalu bisa diambil sebagai contoh. Kala itu Yamaha datang ke Jerez dengan percaya diri. Rossi naik podium tiga di Qatar, disusul podium dua secara beruntun di Argentina dan Austin.

Sementara Vinales memenangi dua seri pertama, yakni Qatar dan Argentina meski kemudian gagal finis di Austin. Tapi di Jerez situasi sebenarnya terlihat: Yamaha keteteran di sana. Rossi finis ke-10 dan Vinales di urutan enam.


Setelah itu penampilan Rossi dan Vinales inkonsisten. Diketahui kemudian YZR-M1 mengalami masalah understeer dan penggerusan ban yang amat tinggi.

"Tahun lalu kami tiba di sini dengan optimistis, kami berpikir bisa memenangi kejuaraan. Vinales sudah memenangi dua balapan dan saya memimpin klasemen. Saya biasanya senang kembali ke Eropa, dengan banyak trek yang saya sukai, tapi ternyata itu jadi akhir pekan terburuk dalam musim," ungkap Rossi dilansir GPOne.

"Batasan-batasan M1 muncul kala itu. Saya mulai menderita di trek-trek yang mana, tepat di tahun sebelumnya saya melaju kencang. Atas alasan ini, saya akan bilang bahwa ini akan jadi akhir pekan yang penting. Kami akan bisa melihat apakah kami lebih kompetitif ketimbang tahun lalu."

"Ini akan jadi balapan kunci. Ini bukan tentang menang atau mencapai podium, tapi soal mendapatkan motor yang bisa saya tunggangi dengan nyaman. Ini adalah trek yang bisa banyak memberi tahu kami," imbuhnya.



=====

Saksikan live streaming MotoGP Spanyol di detikSport, Minggu (6/5/2018) malam WIB pukul 19.00 WIB. Live streaming bisa disaksikan di sini. (raw/ran)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed