detiksport
Follow detikSport
Minggu, 21 Okt 2018 14:40 WIB

Marquez Ungkap Strategi Jitu Menangi MotoGP Jepang

Lucas Aditya - detikSport
Marc Marquez juaara dunia MotoGP 2018. (Foto: Toru Hanai/Reuters) Marc Marquez juaara dunia MotoGP 2018. (Foto: Toru Hanai/Reuters)
Motegi - Marc Marquez memenangi MotoGP Jepang. Dia mengungkapkan strategi jitu yang dipakai hingga menjadi yang tercepat di Motegi.

Dalam balapan, Minggu (21/10/2018), Marquez menjadi yang terdepan dengan catatan 42 menit 36,438 detik. Kemenangan itu didapat dengan tak gampang.

Andrea Dovizioso, yang menempati posisi start terdepan, bisa posisi terdepan dalam sebagian besar balapan. Marquez sempat mengambil alih posisi rider Ducati itu di lap ke-13, tapi tak lama kemudian direbut lagi.

Marquez sabar menunggu saat yang tepat untuk menyalip Dovizioso. Momennya terjadi saat balapan menyisakan empat lap, yang mengantarkan Marquez menjadi juara dunia MotoGP 2018.

Selesai balapan, Marquez mengungkapkan bahwa strategi balapannya kali ini mengulangi yang dia lakukan di MotoGP Thailand. Di Buriram, Baby Alien juga menjadi pemenang berkat keberhasilan menyalip rider Italia itu di tikungan terakhir.




"Saya terus bisa menguntit Andrea, lalu saya bilang, oke saya akan mencoba untuk menggunakan strategi yang sama seperti di Thailand, menyerang sebelum lap terakhir karena saya merasa mereka mempunyai sesuatu," kata Marquez di Reuters.

"Saya terus menekan sangat keras dan dia melakukan kesalahan," dia menambahkan.

Soal persaingan dengan Dovizioso, Marquez bilang bahwa dirinya begitu menikmatinya sepanjang musim ini.

"Pertarungannya (dengan Dovizioso) sungguh hebat sepanjang tahun," kata Marquez.

"Dovi lawan yang berat sepanjang tahun dan menyambut balapan ini dia sangat-sangat cepat," dia menambahkan.

(cas/rin)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed