detiksport
Follow detikSport Linkedin share
Kamis, 15 Nov 2018 16:15 WIB

MotoGP Valencia: Kisah Tragis Ricardo Tormo

Putra Rusdi Kurniawan - detikSport
Foto: ist (Wikipedia) Foto: ist (Wikipedia)
Valencia - Di antara prestasinya sebagai pebalap, Ricardo Tormo mengalami juga periode tragis dalam kariernya. Namanya kini diabadikan sebagai sirkuit MotoGP Valencia.

Setelah melewati 18 balapan, MotoGP musim 2018 akan sampai di garis finis pada akhir pekan ini. Di Sirkuit Ricardo Tormo, MotoGP Valencia akan menjadi penutup musim balap MotoGP 2018.

Sirkuit Ricardo Tormo menyimpan kisah menarik dari asal usul namanya yang berasal dari seorang pembalap legendaris Spanyol. Dia adalah Ricardo Tormo Blaya. Ricardo Tormo lahir di Ayacor, sebuah wilayah di Provinsi Valencia, pada 7 September 1952.



Ricardo Tormo menjelma menjadi pembalap terbaik pada masanya dengan menjuarai balapan kelas 50 cc pada tahun 1978 dan 1981 bersama tim Bultaco. Namun karier Tormo yang tengah menanjak harus berakhir dengan tragis karena ia mengalami kecelakaan pada tahun 1984.

Kecelakaan tersebut bermula saat ia akan melakukan uji coba balapan dengan Tim Derbi pada Kejuaraan Dunia kelas 80cc. Saat itu dua sirkuit yang tersedia di Spanyol adalah Jalama dan Calafat, namun keduanya tak bisa digunakan karena telah disewa.

Kondisi ini membuat Tormo tepaksa melakukan uji coba balapan di daerah Martotelles. Dia berlatih pada sebuah jalanan di kawasan Kota Barcelona yang berdekatan dengan markas tim Derbi.

Sirkuit Ricardo Tormo tampak dari udaraFoto: ist (Wikipedia)




Saat uji coba, pihak Tim Derbi seharusnya mengosongkan daerah tersebut dari mobil yang melintas. Namun satu anggota tim melakukan kesalahan fatal dengan membiarkan satu mobil lewat.

Kesalahan ini berakibat fatal setelah Tormo menabrak mobil tersebut. Kecelakaan itu menyebakan karier Tormo berakhir karena kaki kanannya hancur. Setelahnya, Tormo membutuhkan beberapa kali operasi untuk benar-benar pulih.

Di Valencia, Tormo menjadi sosok yang cukup dihormati, ia mendapatkan penghargaan Valencian Community's High Distinction pada tahun 1994.

Tormo meninggal pada 27 Desember 1998 setelah berjuang melawan penyakit Leukemia selama beberapa tahun. Satu tahun setelah kematiannya, nama Ricardo Tormo kemudian abadi hingga kini sebagai nama sirkuit di Valencia.

(din/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed