detiksport
Follow detikSport Linkedin share
Kamis, 22 Nov 2018 10:49 WIB

Vinales Tak Sabar Utak-Atik Setelan

Rifqi Ardita Widianto - detikSport
Maverick Vinales tercepat di dua hari tes MotoGP Valencia. (Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images) Maverick Vinales tercepat di dua hari tes MotoGP Valencia. (Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Jakarta - Maverick Vinales cukup senang dengan hasil tes MotoGP Valencia. Tapi dia mengakui belum banyak utak-atik yang dilakukan, baru sekadar mengetes mesin.

Vinales memuncaki dua hari tes MotoGP Valencia. Pada hari kedua, Rabu (21/11/2018) kemarin, rider Movistar Yamaha ini mencatatkan waktu terbaik satu menit 30,757 detik.




Catatan ini meningkat cukup banyak dari hari pertama, di mana dia membukukan satu menit 31,416 detik. Satu hal yang membuat Vinales cukup senang adalah, peningkatan ini didapatkan hanya dari menjajal mesin yang berbeda.

Vinales dan rekannya, Valentino Rossi, memang diberikan dua mesin 2019 dengan spesifikasi berbeda oleh Yamaha. Keduanya baru sebatas menguji dua mesin tersebut di Valencia untuk mencari tahu yang mana yang lebih cocok secara karakter.

Vinales sendiri belum bisa memilih karena belum mendapatkan perbedaan yang signifikan, kendati catatan waktunya berbeda cukup jauh. Yang jelas, pada tes berikutnya di Jerez, akan ada utak-atik setelan yang bakal memperjelas bagaimana satu mesin dibandingkan dengan yang lainnya.




Hasil Vinales di tes Valencia tahun ini sendiri nyaris mirip dengan tahun lalu. Kala itu dia membukukan waktu satu menit 30,189 detik, tapi pada prosesnya hasil itu tak mencerminkan apa yang terjadi di musim balapan.

"Tak begitu buruklah. Tergantung juga bagaimana Anda membandingkannya, karena tahun lalu kami lebih cepat. Tapi rasanya kondisi trek hari ini tidak bagus dan sangat licin. Terutama untuk ban depan," kata Vinales dikutip Crash.




"Jadi motornya bekerja ketika trek licin, yang mana jadi sebuah poin bagus. Juga kami tak mencoba apapun dalam hal setelan dan saya merasa kami bisa melakukan langkah besar di sana. Jadi saya senang bahwa hanya dengan mesin saja kami meningkatkan beberapa nol koma sekian detik."

"Kami akan terus bekerja. Saya rasa untuk mendapatkan motor yang lebih halus mesinnya akan sangat penting, terutama ketika tidak ada daya cengkeram di balapan. Tapi ada sejumlah pembaruan yang masih harus datang, yang akan membantu," tandasnya.


Saksikan juga video 'Wahai Para Bikers, Ada Pesan dari Rossi dan Vinales':

[Gambas:Video 20detik]

(raw/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed