detiksport
Follow detikSport Linkedin share
Senin, 07 Jan 2019 11:36 WIB

Menantang Marc Marquez Jadi Juara Dunia dengan Tiga Pabrikan Berbeda

Rifqi Ardita Widianto - detikSport
Marc Marquez sudah merebut lima gelar juara dunia dalam enam musim terakhir. (Foto: Lai Seng Sin/Reuters) Marc Marquez sudah merebut lima gelar juara dunia dalam enam musim terakhir. (Foto: Lai Seng Sin/Reuters)
Jakarta - Marc Marquez diyakini bisa memenangi juara dunia dengan tiga pabrikan berbeda. Mekanik legendaris MotoGP Jeremy Burgess menantikan momen tersebut.

Marquez saat ini mendominasi MotoGP bersama Honda. Menunggangi mesin Honda, rider asal Spanyol ini sudah lima kali merebut gelar kelas primer dalam enam musim terakhir.




Satu musim di mana dia gagal merebut gelar juara dunia sejak naik kelas di 2013 adalah pada 2015, di mana saat itu titel dimenangi Jorge Lorenzo. Lorenzo sendiri kini jadi rekan setimnya di Repsol Honda usai pindah dari Ducati.

Melihat kemampuan Marquez, mekanik legendaris MotoGP Jeremy Burgess percaya ada potensi untuk pebalap 25 tahun itu juara dengan pabrikan lain. Jika bisa mewujudkannya, maka Marquez akan jadi yang pertama dalam sejarah kelas primer Gran Prix.




Belum ada satupun pebalap yang bisa jadi juara dunia dengan mesin dari tiga pabrikan berbeda. Giacomo Agostini, Valentino Rossi, Eddie Lawson, Casey Stoner, dan Geoff Duke hanya mampu juara dengan dua pabrikan berbeda.

"Mengingat betapa Marc masih muda, dia berpotensi jadi juara dunia dengan tiga mesin yang berbeda: Honda dan dua lainnya. Maka dia akan melakukan sesuatu yang tak dilakukan Valentino, Casey Stoner, atau Eddie Lawson," kata Burgess.




"Marc masih cukup muda dan akan menarik kalau dia pindah dari Honda ke pabrikan lain dalam beberapa tahun ke depan," ujar mekanik tiga juara dunia ini seperti dilansir Motorsport-Total.

Burgess adalah sosok di balik sukses Wayne Gardner, Mick Doohan, dan Rossi memenangi GP. (raw/rin)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed