detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Senin, 14 Jan 2019 08:38 WIB

Juara Reli Dakar Rayu Marquez Gabung KTM

Putra Rusdi Kurniawan - detikSport
Marc Marquez dirayu kembali ke KTM. (Foto: Reuters) Marc Marquez dirayu kembali ke KTM. (Foto: Reuters)
Jakarta - Marc Coma merayu juara dunia MotoGP Marc Marquez untuk gabung dengan KTM. Ada ikatan masa lalu yang menurutnya layak dihidupkan lagi.

Coma adalah pebalap reli yang lima kali menjuarai Reli Dakar. Kini mantan anggota tim KTM itu menjadi race director ajang reli paling menantang di dunia tersebut.




Punya sejarah bersama KTM di dunia reli, Coma juga berharap bisa melihat momen bersejarah pabrikan asal Austria itu di MotoGP. Merekrut Marquez bisa menjadi sebuah jalan untuk merebut gelar juara dunia pertama di ajang ini.

KTM sendiri baru memulai kiprah di MotoGP pada 2017 lalu. Mereka sudah berhasil mencatatkan podium pertama ketika Pol Espargaro finis ketiga di Valencia pada musim 2018.

Coma melihat ada peluang bagus mengikat Marquez selama motornya sudah kompetitif. Sebab rider 25 tahun itu sudah tak asing dengan KTM, mengingat dia mengawali karier di Grand Prix dengan mesin Austria itu.




"Sebagai permulaan, harus dikatakan bahwa di masa lalu Marc sudah menjadi bagian dari keluarga KTM. Setiap proyek bergerak, proyek KTM sedang tumbuh dengan baik, ketika motornya siap untuk menang, kenapa tidak Marquez di sini?" tutur Coma seperti dilansir dari Marca.

"Sudah ada upaya KTM sebelumnya. Sebuah tawaran dibuat untuk mendatangkannya, saya pribadi akan suka jika Marquez bergabung ke KTM," imbuhnya.

Jika memungkinkan, Coma juga ingin mengajak Marquez turun di Reli Dakar. Namun alih-alih turun di kategori motor, Marquez disarankan membalap dengan mobil. Itu akan membuat kariernya di lintasan lebih panjang.




"Saat ini, dia punya banyak ikatan untuk mencoba memenangi kejuaraan dunia lebih banyak. Tapi tentunya dia akan tampil baik di Dakar. Saran saya sih tidak tampil dengan motor, tapi dengan mobil. Kalau itu bisa jadi sebuah cara memperpanjang karier olahraganya, kenapa tidak?" tandas Coma. (raw/nds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com