detiksport
Follow detikSport Linkedin share
Kamis, 24 Jan 2019 13:32 WIB

Lorenzo: Setim dengan Marquez Sama Seperti Setim dengan Rossi

Okdwitya Karina Sari - detikSport
Jorge Lorenzo berduet dengan Marc Marquez yang sedang di puncak karier. Foto: Javier Soriano/ AFP Photo Jorge Lorenzo berduet dengan Marc Marquez yang sedang di puncak karier. Foto: Javier Soriano/ AFP Photo
Madrid - Mulai musim 2019, Jorge Lorenzo akan berduet dengan Marc Marquez di Repsol Honda. Situasi serupa seperti saat Lorenzo menjadi rekan setim Valentino Rossi. Apa persamaannya?

Pebalap Spanyol itu menjalani debutnya di MotoGP bersama Yamaha pada 2008. Saat itu Rossi berstatus sebagai juara lima kali di kelas primer.

Di musim itu juga, Rossi kemudian memenangi gelar juara keenamnya dan ketujuhnya di 2009. Sedangkan Lorenzo mulai membangun reputasi sebagai pebalap elit dengan selalu finis empat besar.


Setelah Rossi hengkang ke Ducati pada 2011, Lorenzo ditandemkan dengan rider Amerika Serikat Ben Spies. Sampai akhirnya kedua pebalap yang pertama disebut tergabung lagi di Yamaha pada 2013 hingga tiga tahun berikutnya.

Setelah meraih tiga titel juara dunia MotoGP bersama Yamaha, Lorenzo membela Ducati dalam kurun waktu 2017-2018. Usai hasil yang cukup rumit, rider berusia 31 tahun itu menerima pinangan Honda Repsol untuk membentuk dream team bersama juara dunia tujuh kali Marquez.

Marquez mengingatkan Lorenzo saat berduet dengan Rossi di awal kariernya. Lorenzo mengungkapkan saat itu Rossi sedang bagus-bagusnya sama seperti Marquez sekarang.


"Sepanjang karierku di MotoGP aku pernah berbagi garasi dengan empat pebalap, Valentino pertama kemudian [Ben] Spies, lalu [Andrea] Dovi, dan sekarang Marc," kata Lorenzo dilansir Crash.

"Situasinya sekarang cukup mirip ketika aku memulai MotoGP di 2008, karena saat itu Valentino ada di puncak kariernya. Dia memang tidak menang [gelar juara] di 2006, dan 2007 tapi dia bersaing untuk gelar juara dunia dan dia sangat memahami [Yamaha]."

"Jadi kurang lebih sama situasinya seperti sekarang. Aku bergabung dengan sebuah tim baru dengan Marc, rekan setim yang sangat-sangat tangguh dan seorang juara dunia dan sangat memahami [Honda]." (rin/mrp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed