detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Jumat, 25 Jan 2019 09:21 WIB

MotoGP Akan Pensiunkan Nomor 69 sebagai Penghormatan untuk Nicky Hayden

Rifqi Ardita Widianto - detikSport
MotoGP akan memensiunkan nomor 69 milik Nicky Hayden. (Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images) MotoGP akan memensiunkan nomor 69 milik Nicky Hayden. (Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Jakarta - MotoGP ingin memastikan nomor 69 tetap bersinonim dengan mendiang pebalap Nicky Hayden. Nomor tersebut pun akan dipensiunkan dari kompetisi.

Hayden meninggal pada 22 Mei 2017 silam usai mengalami kecelakaan saat bersepeda di Italia. Pebalap asal Amerika Serikat ini sempat dirawat di rumah sakit, namun tidak tertolong.




Untuk menghormati perjalanan kariernya, MotoGP akan memensiunkan nomor 69 yang memang identik dengan Hayden. Upacara akan digelar di MotoGP Austin pada April mendatang, untuk menandai momen tersebut.

"Nicky Hayden adalah salah satu aset terbesar di paddock olahraga ini dan sebuah contoh fantastis sebagai seorang pebalap, baik di dalam maupun di luar lintasan," ungkap CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta.




"Bisa menghormati warisannya sekali lagi dan memastikan nomor 69 tetap bersinonim dengan seorang legenda dan juara itu memberikan saya sebuah kepuasan besar," tambahnya dikutip Autosport.

Nomor 69 dipakai Hayden sepanjang kariernya di MotoGP. Hayden mulai membalap di MotoGP pada 2003 dan mengakhiri petualangannya di 2016. Hayden meraih satu gelar juara dunia pada 2006.

(raw/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com