detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Selasa, 26 Feb 2019 09:19 WIB

Hasil Pilpres Tak Akan Ganggu Pembangunan Sirkuit MotoGP Mandalika

Mercy Raya - detikSport
Lokasi yang akan dibangun Sirkuit MotoGP Indonesia di wilayah Mandalika (ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/ama) Lokasi yang akan dibangun Sirkuit MotoGP Indonesia di wilayah Mandalika (ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/ama)
Jakarta - Hasil Pilpres 2019 yang akan dilaksanakan April mendatang tak akan memengaruhi pembangunan sirkuit MotoGP Indonesia yang berlokasi di Mandalika.

Indonesia dipastikan menggelar balap motor MotoGP. Di kawasan Mandalika, Nusa Tenggara Barat, akan dibangun sirkuit dengan konsep jalan raya. Konsep yang baru pertama dalam sejarah MotoGP.

Pembangunannya lintasan akan mulai September tahun ini dan rampung Juni 2020. Proses pembangunan yang akan dimulai berbarengan dengan tahun Pilpres dikhawatirkan membawa masalah yakni perubahan kebijakan andai pemerintahan berganti.



CEO Indonesia Tourism Development Corporation, Abdulbar M. Mansoer, tak khawatir dengan hal tersebut.

"Saya sih sebagai profesional. Saya hanya bisa mewujudkan cita-cita bersama. Apakah ini menjadi politis itu di luar kendali saya," kata Abdulbar di Kantor Kemenpora, Senayan, Senin (25/2/2019).

"Tapi yang jelas kami melakukan yang terbaik untuk dapat menghadirkan race ini karena proses ini sudah dua tahun yang lalu. Saya tidak bisa ikuti jalur pemilu karena ini suatu byang hatus dilakukan sekarang. Untuk diketahui, kita bersaing dengan Brasil, jadi ada dua slot, Meksiko sudah dapat. Tinggal 1, kalau Brasil dapat, kita tidak dapat lagi, karena terbatas," ujarnya menjelaskan.



Sementara itu, Menpora Imam Nahrawi mengatakan pemerintah akan mendukung penuh hajatan ini agar terlaksana.

"Prinsipnya pemerintah betul-betul gembira karena ini adalah impian kita semua, impian masyarakat Indonesia, dan tentu impian pihak Dorna sendiri karena sudah lama sekali (kita gelar motoGP pada 1997)," kata Imam.

"Pemerintah tentu akan bersama-sama nanti mem-back up, dan mendorong, mengajak partisipasi publik yang lebih luas lagi agar hajat ini betul-betul memberi gambaran bagi dunia bahwa Indonesia memang jadi negars yang layak dan pantas jadi tuan rumah MotoGP," imbuh menteri asal Bangkalan ini.

(mcy/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com