detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Selasa, 16 Apr 2019 19:19 WIB

MotoGP Panas di Awal Musim: 3 Balapan, 3 Pemenang

Redzi Arya Pratama - detikSport
Andrea Dovizioso dan Marc Marquez bersaing ketat di MotoGP Qatar (REUTERS) Andrea Dovizioso dan Marc Marquez bersaing ketat di MotoGP Qatar (REUTERS)
Jakarta - MotoGP 2019 berpotensi menghadirkan musim yang penuh persaingan sengit. Dari tiga balapan perdana tahun ini, ada tiga pebalap berbeda yang jadi juara.

Musim 2019 sudah sangat ketat sejak seri pertama di Qatar. Ketika itu Andrea Dovizioso memenangi duel sengit dengan Marc Marquez. Selisih kedua pebalap saat menyentuh garis finis hanya 0,023 detik.

Kemudian di awal April, pada seri kedua di MotoGP Argentina, Marc Marquez membalas dengan telak. Dia tampil sangat dominan untuk merebut gelar juara pertamanya musim ini.

Kejutan besar muncul di GP Amerika Serikat akhir pekan lalu. Marquez yang punya predikat King of COTA (Circuit of the Americas), gagal memenuhi harapan yang disandarkan padanya. Dia crash saat balapan masih menyisakan 12 putaran, insiden yang kemudian dimanfaatkan Alex Rins untuk merebut kemenangan.



Ini menjadi pertama kalinya bagi Rins menjuarai MotoGP setelah debut di 2017. Bahkan pencapaian itu menjadi kemenangan pertama Suzuki sejak 2016 di GP Inggris.

Yang juga menarik, tiga pebalap yang sudah merasakan kemenangan itu datang dari tiga tim berbeda. Ducati, Honda, dan kemudian Suzuki.

Kondisi tersebut berbuntut juga pada ketatnya persaingan di klasemen pebalap. Dovizioso berada di posisi teratas dengan 54 poin, Rossi yang dua kali menjadi runner-up membuntuti di belakangnya dengan selisih hanya tiga poin. Diikuti Rins 49 poin, dan Marquez 45 poin.



Itu artinya, empat pebalap teratas hanya terpaut sembilan angka saja.

Panasnya persaingan musim 2019 akan berlanjut tiga pekan lagi, saat balapan mulai menjalani seri Eropa. MotoGP Spanyol Di Sirkuit Jerez, akankah muncul pemenang keempat? (din/rin)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com