detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Minggu, 05 Mei 2019 20:10 WIB

Marquez Dominan di Jerez, Rider Tuan Rumah Kuasai Podium MotoGP Spanyol

Lucas Aditya - detikSport
Rider Honda, Marc Marquez, merayakan kemenangan di MotoGP Spanyol. (Foto: Jon Nazca/Reuters) Rider Honda, Marc Marquez, merayakan kemenangan di MotoGP Spanyol. (Foto: Jon Nazca/Reuters)
Jerez - Rider Honda, Marc Marquez, tampil dominan hingga menjadi pemenang di MotoGP Spanyol. Pebalap tuan rumah sukses menguasai podium di Jerez.

Dalam balapan di Sirkuit Jerez, Minggu (5/5/2019) malam WIB, Marquez selalu menjadi yang terdepan dalam 25 putaran. Dia menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 41 menit 8,685 detik.

Dengan hasil ini, Marquez pun mengulang kesuksesan tahun lalu di sirkuit yang sama. Lebih bagusnya lagi, pebalap 26 tahun itu selalu meraih podium dalam tujuh kali edisi balapan MotoGP Spanyol. Rinciannya, Marquez menjadi juara tiga kali, finis kedua, tiga kali, dan sekali meraih podium ketiga.

Kesuksesan Marquez kali ini diikuti pebalap Spanyol lainnya. Rider Ecstar Suzuki, Alex Rins, finis kedua. Pebalap Yamaha, Maverick Vinales, menambah dominasi pebalap negeri matador dengan menempati podium ketiga.





Jalannya Balapan

Rider Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo, gagal mempertahankan posisi pertama usai start. Marc Marquez terdepan, disusul Franco Morbidelli. Quartararo menyusul pada posisi ketiga. Saat lap pertama selesai, komposisi tiga besar tak berubah.

Jarak antara Marquez dengan Morbidelli pada lap ketiga masih sengit. Selisih waktunya, Marquez lebih cepat 0,360 detik dibanding pebalap asal Italia itu.

Alex Rins menyalip Andrea Dovizioso pada lap keempat. Pemenang MotoGP Amerika Serikat itu menempati posisi keempat, beberapa saat kemudian kembali disalip Dovizioso.

Pertarungan antara Rins-Dovizioso berlanjut dua lap kemudian. Rins akhirnya bisa menyalip Dovi pada tikungan kesembilan.




Komposisi tiga besar tak berubah hingga balapan sudah melahap enam lap. Marquez terdepan, dibayangi dua pebalap Petronas Yamaha SRT, Morbidelli dan Quartararo.

Quartararo naik ke posisi kedua pada lap ke-10. Dia menyalip Morbidelli dalam sebuah tikungan keenam. Beberapa saat kemudian Rins mendahului Maverick Vinales untuk merebut posisi keempat. Marquez kian tak terkejar dengan jarak lebih dari satu detik.

Petaka buat Quartararo terjadi pada lap ke-13. Dia mengalami masalah pada motornya hingga gagal finis.

Morbidelli dilewati Rins pada lap ke-15. Pebalap Italia itu kini bersaing dengan Vinales untuk mengamankan posisi ketiga. Rins ada di posisi kedua.

Morbidelli akhirnya disalip oleh Vinales sesaat kemudian. Tak ada pebalap Petronas Yamaha lagi di posisi podium. Setelah itu posisi Mordibelli terus melorot, juga didahului Andrea Dovizioso dan Danilo Petrucci. Morbidelli di posisi keenam saat balapan tinggal menyisakan tujuh lap.

Marquez tak terkejar lagi di sisa balapan, dia menjadi yang tercepat di MotoGP Spanyol 2019.






(cas/pur)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com