detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Senin, 06 Mei 2019 15:22 WIB

Gagal Finis di MotoGP Spanyol, Pelajaran Berharga untuk Quartararo

Putra Rusdi K - detikSport
Pebalap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo. (Foto: Jorge Guerrero / AFP) Pebalap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo. (Foto: Jorge Guerrero / AFP)
Jerez - Meski gagal finis di MotoGP Spanyol, Fabio Quartararo mengaku senang dengan performanya. Pebalap debutan ini mengambil banyak pengalaman dari balapan di Jerez.

Quartararo start dari posisi terdepan saat MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez, Minggu (5/5/2019) malam WIB. Pemuda 20 tahun ini bahkan memecahkan rekor Marc Marquez sebagai pebalap termuda yang berhasil meraih pole position. Saat balapan sesungguhnya, pebalap asal Prancis ini juga sempat tampil menjanjikan.



Ia mampu berada di posisi tiga besar meski statusnya sebagai pemimpin balapan tersalip oleh Marquez. Namun pada lap ke-14 kesialan menghampiri Quartararo.

Motor pebalap Petronas Yamaha SRT ini mengalami masalah pada gear shifter. Ia tiba-tiba melambat dan terpaksa masuk ke pit

Quartararo kemudian terpaksa tak bisa melanjutkan lomba. Hal ini jelas menjadi pukulan besar bagi Pria asal Prancis ini.

Ia bahkan terlihat menangis saat berada di pit stop. Meski begitu, dibalik kekecewaannya ini, Quartararo mengaku mengambil banyak pelajaran dari balapan di Jerez.

"Saya tidak pernah membayangkan (menjadi sekuat ini), juga pole position kemarin juga tidak ada di pikiran saya. Kecepatan yang saya punya saat balapan luar biasa karena saya menemukan sesuatu, saat membalap bersama bersama pebalap-pebalap papan atas. Saya juga melihat Marquez sebagai referensi saya.," tutur Quartararo dilansir dari Autosport.

"Lajunya sangat cepat. Ketika Anda membalap bersama pebalap-pebalap ini di lap pertama saya belajar banyak hal, saya beraksi di atas motor seperti saya memiliki lebih banyak pengalaman (daripada yang aslinya saya punya), meski ini hanya balapan keempat saya di MotoGP," ujarnya menambahkan.



Ia juga merasa bahagia dengan apa yang berhasil ditunjukkannya di Jerez. Quartararo menganggap pengalaman dalam balapan ini tak akan tergantikan.

"Saya mengambil banyak pengalaman. Sayangnya kami tidak menyelesaikan lomba tetapi kami harus mengambil semua hal positif dan meninggalkan yang negatif di sini. Saya sangat kecewa karena kami harusnya bisa bersaing di posisi yang lebih bagus," ungkapnya

"Untungnya ketika Anda melihat kecepatan dan apa yang kami lakukan pekan ini, saya hanya bisa bahagia saat ini. Tidak ada podium, tidak ada lima besar, tetapi kami banyak mengambil pengalaman," kata Quartararo lagi.


(pur/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com