detiksport
Follow detikSport Linkedin share
Minggu, 19 Mei 2019 05:20 WIB

Demi Jalankan Strategi, Marquez Rela Crash di Kualifikasi MotoGP Prancis

Putra Rusdi K - detikSport
Marc Marquez sempat terjatuh saat kualifikasi namun tetap meraih pole position di MotoGP Prancis. (Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images) Marc Marquez sempat terjatuh saat kualifikasi namun tetap meraih pole position di MotoGP Prancis. (Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Prancis - Marc Marquez crash saat sesi kualifikasi MotoGP Prancis. Rider Repsol Honda itu mengatakan kecelakaan tersebut terjadi akibat strategi yang diterapkannya.

Marquez menjadi yang tercepat dalam sesi kualifikasi MotoGP Prancis di Sirkuit Le Mans, Prancis, Sabtu (18/5/2019). Berlaga dalam kondisi lintasan yang basah usai diguyur hujan, pebalap 26 tahun meraih pole position berkat catatan waktu 1 menit 40,952 detik.

Ia mengungguli Danilo Petrucci di urutan kedua yang hanya berjarak 0,360 detik. Sementara peringkat ketiga ditempati Jack Miller yang lebih lambat 0,414 detik dari Marquez.

Pria asal Spanyol ini langsung tancap gas untuk meraih catatan waktu tercepat pada percobaan pertama. Namun pada lap berikutnya Marquez sempat terjatuh di La Chapelle, meski kemudian mampu bangkit untuk menuntaskan kualifikasi.



Terkait crash yang dialaminya, Marquez mengaku hal tersebut berhubungan dengan strategi. Marquez ingin menguji seberapa efektif motornya melahap sirkuit Le Mans saat dipacu dengan kekuatan penuh.

"Itu kualifikasi yang sulit karena itu bukan hanya tentang kecepatan - ini tentang strategi dan menjadi cerdas dalam memahami kondisi lintasan," kata Marquez seperti dikutip dari Autosport.

"Segera ketika saya melaju, saya melihat bahwa kami membuat keputusan yang benar, yaitu mulai dengan (ban) basah, dan kemudian segera saya melihat gerimis menjadi semakin deras dan deras."



"Di putaran pertama saya sedikit memacunya, itu sudah cukup untuk berada di pole position, dan kemudian di putaran kedua - (itulah) strateginya, di putaran pertama untuk sedikit memacunya dan pada putaran kedua itu saya memacunya dengan kekuatan penuh."

"Ketika saya habis-habisan, hanya tiga tikungan (yang) punya hasil sangat bagus, tetapi kemudian di tikungan keempat saya terjatuh," tutur juara MotoGP lima kali ini menjelaskan.



(pur/rin)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed