detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Jumat, 14 Jun 2019 08:58 WIB

Lorenzo: Bakal Butuh Proses Panjang untuk Adaptasi dengan Honda

Rifqi Ardita Widianto - detikSport
Jorge Lorenzo kesulitan beradaptasi dengan motor Honda. (Foto: Jean-Francois Monier / AFP) Jorge Lorenzo kesulitan beradaptasi dengan motor Honda. (Foto: Jean-Francois Monier / AFP)
Jakarta - Jorge Lorenzo mengakui akan butuh waktu yang tak singkat untuk bisa klik dengan motor Honda. Saat ini ia bahkan belum memahami karakter RC213V.

Lorenzo kesulitan di awal periode bersama Honda musim ini. Enam seri dilalui tanpa sekalipun finis di 10 besar.

Ia dua kali finis di posisi 13 dan 12, lalu sekali finis di urutan 11 dan sekali gagal menyelesaikan balapan. MotoGP Catalunya akhir pekan ini akan jadi kesempatan berikutnya untuk Lorenzo mencoba mendapatkan hasil lebih baik.




Rider 32 tahun ini sebelumnya menyempatkan diri ke Jepang selepas MotoGP Italia untuk bertemu para teknisi Honda, demi meningkatkan kenyamanan di atas motor. Ini hanya jadi satu bagian dari proses panjang Lorenzo untuk mendapatkan hasil optimal.

"Saya mengatakannya di balapan-balapan terakhir, ini akan jadi proses yang panjang. Dan masih cukup jauh untuk memahami dengan sempurna bagaimana cara menunggangi motor ini, terutama di jalur masuk tikungan," ungkap Lorenzo dikutip Autosport.

"Itu adalah satu persoalan, mengalami dan memahami situasinya. Dan persoalan lainnya adalah kenyamanan di atas motor. Kami mengupayakan proses ini, untuk membuat 'sepatu' saya lebih nyaman untuk kaki saya. Ini seperti menjalani maraton."




"Anda seorang atlet yang bagus, bisa menuntaskan maraton, Anda bisa lari cukup cepat, tapi sepatunya sedikit terlalu kecil atau bentuknya tidak pas dengan Anda. Sepatu itu sendiri, jadi sangat kompetitif saat dipakai oleh atlet lain. Tapi pada saat ini, tidak untuk saya," sambungnya.

"Saya tak bilang penyebabnya hanya motor, bukan cuma ukuran motor, bukan cuma ergonomi motor, saya juga bisa memperbaiki cara menunggangi motor dan pemahaman akan motor."

"Tapi pastinya kalau saya lebih nyaman di atas motor, saya akan lebih kompetitif. Itulah sebabnya kami memutuskan terbang ke Jepang, untuk mempercepat proses ini sesegera mungkin, dengan kemungkinan-kemungkinan yang kami punya," tandas Lorenzo.


(raw/yna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com