detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Selasa, 23 Jul 2019 19:02 WIB

Di Mana Valentino Rossi akan Membalap Usai Kontraknya Bersama Yamaha Habis?

Putra Rusdi K - detikSport
Menerka langkah Valentino Rossi jika pisah dengan Yamaha (Foto: Vincent Jannink / AFP) Menerka langkah Valentino Rossi jika pisah dengan Yamaha (Foto: Vincent Jannink / AFP)
Jakarta - Valentino Rossi berada di persimpangan karier usai kontraknya disebut tak akan diperpanjang oleh Yamaha. Kemanakah The Doctor bakal melangkah?

Rossi tengah menjalani musim terburuknya di kelas MotoGP. Pebalap 40 tahun tersebut baru mengumpulkan 80 angka di separuh musim ini (9 balapan).

Faktor usia disebut-sebut menjadi yang memberi pengaruh terbesar atas kemerosotan tersebut. Yamaha sejauh ini sudah punya ancang-ancang untuk tak memperpanjang kontrak The Doctor yang habis pada 2020.



Bos tim Yamaha, Lin Jarvis mengungkapkan bahwa masa depan Yamaha bukan untuk Rossi. Lalu, ke mana pria asal Urbino ini akan melanjutkan kariernya usai pisah dari tim Garpu Tala?

Saat kontraknya berakhir 2020 nanti, usia Rossi sudah memasuki 41 tahun. Pensiun jelas menjadi opsi yang masuk akal baginya.

Namun Aprilia sepertinya siap untuk membuat Rossi terus membalap di MotoGP. CEO Aprilia Racing, Massimo Rivola, beberapa waktu lalu sempat mengungkapkan keinginannya untuk merekrut juara dunia tujuh kali ini. Aprillia sendiri merupakan tim pertama Rossi saat memulai balapan di kelas 125 cc pada 1996 lalu.

"Pertama, kami harus fokus pada 2019, kemudian pada 2020. Pada akhirnya, jika Vale ingin datang kepada kami pada 2021, maka itu akan jadi kisah yang sangat indah," ungkap Rivola Februari lalu seperti dikutip dari Tuttomotoriweb.

Sementara Ayah Rossi, Graziano merasa yakin anaknya tak akan pensiun usai lepas dari Yamaha. Ia menegaskan Rossi akan tetap membalap, tapi bukan di MotoGP melainkan di ajang balap mobil.

"Saya kira tidak, Valentino akan terus balapan, tetapi dengan mobil," ujar Graziano saat ditanya mengenai kemungkinan membentuk tim VR46.



Rossi sebenarnya tak sepenuhnya asing dalam ajang adu cepat dengan roda empat. Ia sempat menjuarai Monza Rally. The Doctor juga pernah menjajal mobil Formula 1 milik Ferrari pada 2008 lalu.

Mari kita nantikan saja kemanakan roda nasib akan membawa Rossi usai tak bersama Yamaha. Apakah ia masih melaju di lintasan atau memutuskan menutup kiprah panjangnya di dunia balap.

Simak Video "Kebersamaan Rossi dan Yamaha di MotoGP Segera Berakhir"
[Gambas:Video 20detik]
(pur/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com