detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Minggu, 04 Agu 2019 06:20 WIB

MotoGP Republik Ceko: Marquez Tolak Tudingan Rins

Okdwitya Karina Sari - detikSport
Marc Marquez bantah tudingan Alex Rins buntut kontroversi di kualifikasi MotoGP Republik Ceko. (Foto: Mirco Lazzari gp / Getty Images)
Brno - Buntut beberapa insiden di kualifikasi MotoGP Republik Ceko, Alex Rins menuding Marc Marquez. Namun, Marquez menolak disebut 'tidak menghormati pebalap lain'.

Pada sesi di Sirkuit Brno, Sabtu (3/8/2019), Marquez melebar di tikungan 5 dengan dibayangi Jack Miller dan Rins. Ketika Miller melewati Marquez tanpa halangan, pebalap Repsol Honda itu tampak tidak membiarkan Rins menyalip dia.

Kemudian, Marquez dan Rins hampir bertabrakan ketika Rins mendesak masuk dari dalam di tikungan 7. Ketika hendak sama-sama masuk pit, Marquez melambat untuk membiarkan Rins menyalip sebelum mendorong kompatriotnya itu demi menghindari dinding pembatas ban.

[Gambas:Youtube]


Pada prosesnya, Marquez berhasil merebut pole setelah memakai ban slick dengan kondisi lintasan yang mulai mengering. Pebalap Spanyol itu unggul 2,5 detik dari Jack Miller di posisi kedua sedangkan Rins harus puas start di urutan keenam.


Usai kualifikasi, Rins tak bisa menyembunyikan rasa kesalnya dan menuduh Marquez. Akan tetapi, Marquez punya pembelaan.

"Aku tidak sependapat, itu opini pribadi dia," ujar Marquez merespons tudingan Rins. "Di tikungan 7, aku memang sedikit melebar, di situ cuma ada sedikit celah tapi cukup dan dia menyalip dengan ada kontak, tapi ini kan balapan."

"Yang lucu itu saat kami menuju garasi, ada dinding ban-ban di sana dan aku tidak punya ruang karena dia akan menuju ke sana. Aku tidak tahu apakah itu disengaja atau tidak," sambung juara dunia tujuh kali itu.

"Tapi bagiku ini tidak penting. Targetku adalah pole position, targetku adalah barisan terdepan dan aku tak punya waktu untuk hal-hal semacam ini," lugas Marquez, sebagaimana dilansir Autosport.



Simak Video "Marc Marquez Operasi Lagi!"
[Gambas:Video 20detik]
(rin/nds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com