detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Minggu, 11 Agu 2019 12:04 WIB

MotoGP Austria: Marc Marquez Memburu Kemenangan Pertama di Red Bull Ring

Novitasari Dewi Salusi - detikSport
Marc Marquez belum pernah juara MotoGP Austria di Red Bull Ring (Foto: Michael Cizek / AFP) Marc Marquez belum pernah juara MotoGP Austria di Red Bull Ring (Foto: Michael Cizek / AFP)
Jakarta - Marc Marquez akan memulai balapan MotoGP Austria dari posisi terdepan. Rider Repsol Honda itu masih mencari kemenangan pertamanya di Red Bull Ring.

Hasil kualifikasi MotoGP Austria di Red Bull Ring, Sabtu (10/8/2019), menempatkan Marquez di posisi teratas. Ia mengungguli Fabio Quartararo dan Andrea Dovizioso.

Start dari posisi paling depan, Marquez berpeluang mencatatkan kemenangan pertamanya di Red Bull Ring. Sejak sirkuit ini menggelar MotoGP pada 2016, Ducati selalu mendominasi.

Rider Ducati selalu memenangi balapan di Red Bull Ring dalam tiga musim terakhir. Andrea Iannone, Andrea Dovizioso, dan Jorge Lorenzo berturut-turut naik podium teratas sejak 2016.


Mampukah Marquez mematahkan dominasi Ducati sekaligus meraih kemenangan pertamanya di Red Bull Ring?

Berikut adalah data dan fakta usai kualifikasi MotoGP Austria seperti dirangkum situs resmi MotoGP:

- Marc Marquez (Repsol Honda) merebut pole untuk ketiga kalinya secara beruntun di Red Bull Ring sejak 2017. Red Bull Ring adalah satu-satunya sirkuit di kalender MotoGP saat ini di mana Marquez belum pernah menang di kelas premier.

- Ini adalah pole Marquez yang ke-59 dari 119 start di kelas premier (49,6%) dan dia sekarang adalah rider dengan pole position terbanyak di kelas premier, menggeser Mick Doohan (58).

- Fabio Quartararo (Petronas Yamaha) meraih posisi kedua di kualifikasi sebagai pebalap Yamaha dan tim independen dengan posisi tertinggi. Ini adalah hasil kualifikasi terbaik untuk rider Yamaha di Red Bull Ring di MotoGP, mengalahkan Valentino Rossi yang meraih posisi ketiga di kualifikasi pada 2016.


- Andrea Dovizioso (Ducati), yang selalu finis di podium dalam tiga tahun terakhir di Red Bul Ring termasuk juara pada 2017, menempati posisi ketiga di kualifikasi. Ini adalah ketiga kalinya Dovizioso start di baris depan sejak balapan pembuka di Qatar dan yang pertama setelah Argentina. Ducati meraih tiga kemenangan di Red Bull Ring di MotoGP sejak 2016.

- Setelah melewati Q1, Francesco Bagnaia (Pramac Racing) menempati posisi kelima di kualifikasi. Itu adalah hasil kualifikasi terbaik di musim rookie-nya di kelas MotoGP.

- Pebapal Honda kedua di posisi keenam adalah Takaaki Nakagami (LCR Honda), yang dapat hasil kualifikasi terbaiknya sejak naik kelas ke MotoGP tahun lalu.

- Jack Miller (Pramac Racing), yang naik podium untuk kali kedua pekan lalu di Brno, menempati posisi kedelapan di kualifikasi. Dia akan mengincar poin pertamanya di Red Bull Ring.


- Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha) menempati baris keempat dengan hasil kualifikasi di posisi ke-10. Ini adalah kali keenam Rossi menempati kualifikasi di 10 besar tahun ini. Red Bull Ring adalah sirkuit kedua di kalender MotoGP saat ini, bersama Buriram, di mana Rossi belum pernah finis di podium di kelas premier.

- Pol Espargaro (Red Bull KTM) menempati posisi ke-11 di kualifikasi sebagai pebalap KTM dengan posisi tertinggi. Ini adalah hasil kualifikasi terbaik untuk pebalap KTM di Red Bull Ring di kelas MotoGP.

- Miguel Oliviera (Red Bull KTM) menempati posisi ke-13 di kualifikasi sebagai pebalap kedua KTM. Ini adalah hasil kualifikasi terbaiknya di tahun rookie di kelas premier MotoGP.



Simak Video "Honda Bocorkan Resep Melesatnya Marquez"
[Gambas:Video 20detik]
(nds/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
NEWS FEED