detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Jumat, 01 Nov 2019 17:22 WIB

Quartararo Tunggangi Motor Spesifikasi Pabrikan di MotoGP 2020

Bayu Baskoro Febianto - detikSport
Fabio Quartararo akan tunggangi motor spesifikasi pabrikan di MotoGP 2020. (Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images) Fabio Quartararo akan tunggangi motor spesifikasi pabrikan di MotoGP 2020. (Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Jakarta - Fabio Quartararo mendapatkan ganjaran dari tim dan Yamaha untuk performa impresifnya di MotoGP 2019. Ia akan diberikan YZR-M1 spesifikasi pabrikan tahun depan.

Menukil laporan Crash, rider tim Petronas Yamaha itu memakai motor YZR-M1 kelas B untuk debutnya di MotoGP tahun ini. Quartararo diberikan mesin dengan kekuatan lebih rendah agar ia bisa beradaptasi dan belajar di tahun pertamanya.

Sejak seri pertama sampai MotoGP Thailand, ia menunggangi mesin dengan tenaga lebih kecil 500 rpm ketimbang rekan setimnya Franco Morbidelli, dan dua pebalap pabrikan, Valentino Rossi dan Maverick Vinales.


Motor kelas B juga berarti Quartararo menggunakan sejumlah onderdil yang lebih tua. Tapi nyatanya performanya malah amat mengesankan: meraih enam podium dengan rincian empat kali runner-up dan dua kali posisi tiga, plus empat kali meraih pole.

Performa ini pula yang membuat Yamaha meningkatkan kapasitas mesinnya sebesar 500 rpm sejak MotoGP Thailand.

Saat ini pebalap berjuluk El Diablo itu menempati peringkat keenam klasemen sementara dengan 163 poin. Ia hanya berjarak 13 poin dengan Vinales di posisi keempat, serta mampu unggul 10 poin dari Rossi yang berada tepat di bawahnya.


Rider asal Prancis ini turut dianugerahi gelar Rookie of The Year 2019, dan menjadi pebalap tim satelit dengan peringkat paling tinggi. Alhasil Petronas dan Yamaha meningkatkan kerja sama untuk memberikan tunggangan lebih baik, alias kelas A, untuk Quartararo musim depan.

Ini berarti Quartararo akan memakai YZR-M1 dengan spesifikasi serupa dengan Morbidelli, Rossi, dan Vinales. Ia juga akan mendapatkan akses lebih cepat untuk pembaruan-pembaruan, plus disuplai tujuh mesin alih-alih lima mesin untuk motor kelas B.

"Fabio akan diberikan motor dengan spek yang sama dengan Frankie tahun depan. Tidak masuk akal jika ia tidak mendapatkannya," kata Kepala Tim Petronas Yamaha SRT Razlan Razali seperti dikutip Crash.


"Kami dengan sangat senang mengonfirmasi bahwa kami mencapai kesepakatan di Sepang sini untuk Petronas Yamaha Sepang Racing Team menurunkan dua motor spesifikasi A di musim 2020," ungkap Managing Director Yamaha Racing Lin Jarvis.

"Yamaha berkomitmen untuk menyokong tim dan para pebalap dengan dukungan terbaik, agar mereka mampu membuat progres lebih jauh di 2020 dengan kemenangan sekaligus dengan harapan meraih gelar pebalap independen terbaik dan titel tim," imbuh Jarvis.

Simak Video "Hasil Kualifikasi MotoGP Spanyol: Fabio Quartararo Pole!"
[Gambas:Video 20detik]
(raw/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com