detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Rabu, 06 Nov 2019 00:03 WIB

MotoGP Australia Berpotensi Pindah ke Awal Tahun di 2021

Okdwitya Karina Sari - detikSport
Jadwal MotoGP Australia kemungkinan akan dipindah ke awal tahun pada 2021. Foto: Mirco Lazzari gp / Getty Images Jadwal MotoGP Australia kemungkinan akan dipindah ke awal tahun pada 2021. Foto: Mirco Lazzari gp / Getty Images
Jakarta - Akan ada perubahan jadwal balapan MotoGP di 2021. MotoGP Australia yang biasanya digelar di fase akhir, memungkinkan dipindah ke awal musim.

Pertimbangan memindahkan MotoGP Australia dipengaruhi oleh faktor cuaca. Selama ini balapan di Phillip Island yang digelar di sekitar bulan Oktober kerap diganggu oleh suhu dingin dan kondisi angin musim gugur yang dikeluhkan para pebalap sehingga jadwal balapan diusulkan diubah.

Pada balapan MotoGP Australia sepekan lalu terbukti terimbas cuaca buruk. Sesi kualifikasi yang biasanya dijalankan pada hari Sabtu mesti mundur sampai Minggu pagi akibat angin kencang yang membuat Miguel Oliviera terjungkal dari motor KTM-nya di latihan bebas keempat.


Waktu balapan tahun ini juga dimajukan menjadi pukul 14.00 waktu setempat agar suhu udara tidak dingin-dingin amat atas desakan para pebalap.

Di sisi lain, Dorna Sports mendukung perubahan jadwal balapan Australia di kalender MotoGP. Namun, ide ini menemui penolakan dari Australian Grand Prix Corporation (AGPC), karena ingin menghindari tabrakan jadwal dengan balap F1 GP Australia yang biasanya digelar di awal tahun.

Meski demikian Autosport mengabarkan bahwa Dorna Sports akan membuat sebuah dorongan baru agar perubahan jadwal MotoGP Australia bisa terwujud. Rencananya balapan itu masih akan digelar pada Oktober sampai 2020 sebelum berpotensi dipindahkan pada Maret atau April di 2021.


"Kami sedang menakar kemungkinan memajukannya di 2021. Itu sebuah kemungkinan sih, meskipun belum bisa dikonfirmasi," terang CEO Dorna Carmelo Ezpeleta.

Sementara itu AGPC mengungkapkan belum ada pengajuan resmi dari Dorna Sport terkait pergantian jadwal MotoGP Australia di 2021.

"Kami belum mendengar apapun soal itu, dan dengan kalender 2020 yang sudah dipastikan, kami menantikan untuk menggelar sebuah balapan lain yang hebat di Oktober selanjutnya," ucap seorang juru bicara AGPC.




Simak Video " Balapan Terakhir Lorenzo di MotoGP Valencia"
[Gambas:Video 20detik]
(rin/mrp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com