detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Rabu, 20 Nov 2019 11:04 WIB

Pendekatan Baru Yamaha Bikin Valentino Rossi Senang

Rifqi Ardita Widianto - detikSport
Valentino Rossi finis kesembilan di hari pertama tes MotoGP Valencia. (Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images) Valentino Rossi finis kesembilan di hari pertama tes MotoGP Valencia. (Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Jakarta - Valentino Rossi mengawali persiapan menuju MotoGP 2020 dengan gembira. Sebab Yamaha menyusun rencana dan program yang disebutnya lebih baik dari sebelumnya.

Rider-rider MotoGP termasuk Rossi memulai persiapan untuk musim 2020 dengan tes di Valencia, Selasa (19/11/2019). Pada hari pertama tes di sirkuit Ricardo Tormo itu, Rossi menempati posisi sembilan dengan catatan waktu terbaik satu menit 31,012 detik.

Ia berjarak 0,849 detik dari Fabio Quartararo yang jadi rider tercepat. Tapi lebih dari sekadar catatan waktu, Rossi mengaku merasa mendapatkan kesan awal yang bagus dari prototipe motor 2020.


Pebalap 40 tahun itu sudah menjajal mesin dan sasis anyar, dan menilai level motor saat ini sudah bagus. Yang lebih menggembirakan buatnya adalah bagaimana pendekatan Yamaha.

Kali ini Yamaha hanya menyiapkan satu jenis mesin alih-alih beberapa tipe seperti musim lalu. Dengan demikian, para pebalap bisa lebih fokus memahami karakter mesin baru.

Rossi mengungkapkan bahwa mesin 2020 punya kecepatan puncak lebih tinggi.


"Ini berubah banyak dibandingkan tahun lalu, karena tahun lalu kami punya dua atau tiga mesin berbeda untuk dipelajari. Sekarang cuma satu ini. Inilah jalan yang harus ditempuh dan kami punya langkah berbeda, tapi ini dia mesin barunya," ujar Rossi dikutip Crash.

"Saya suka cara Yamaha bekerja karena ini menekan kebingungan yang dahulu ada, programnya jadi lebih jelas. Motor baru sedikit berbeda dalam hal sasis dan mesin serta elektronik. Ini sudah kali ketiga kami mencoba, tapi ya ini masih prototipe jadi mungkin tahun depan kami bisa punya langkah lain."

"Tapi perasaan di atas motor baru sejauh ini positif dan kami sudah berada di level yang bagus. Pertama-tama, buat saya elektronik dan mesin adalah area yang mesti kami tingkatkan, terutama mesin sih. Tapi tampaknya Yamaha sekarang sepakat."


"Tapi di sektor sasis juga mereka mencoba agar motor bisa lebih lincah atau ketika di momen pengereman, bisa sedikit lebih cepat saat memasuki tikungan. Lebih presisi lah. Sasis barunya bagus. Saya suka," imbuhnya.

Simak Video "Momen Rossi Jajal Mobil F1 dan Hamilton Geber MotoGP"
[Gambas:Video 20detik]
(raw/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com