detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Rabu, 27 Nov 2019 04:05 WIB

Marc Marquez Akan Menjalani Operasi untuk Pulihkan Bahu Kanannya

Rifqi Ardita Widianto - detikSport
Marc Marquez mesti menjalani operasi untuk cedera bahu kanannya. (Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images) Marc Marquez mesti menjalani operasi untuk cedera bahu kanannya. (Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Jakarta - Marc Marquez mengalami semacam deja vu menuju MotoGP 2020. Seperti tahun lalu, ia tahun ini juga bakal menjalani operasi untuk memulihkan cedera bahu.

Marquez terjatuh di hari pertama tes Jerez, Senin (25/11/2019) kemarin dan merasakan sakit pada bahu kanannya. Pemeriksaan di pusat medis sirkuit menyatakan ia mengalami dislokasi kecil/sebagian, namun dinyatakan baik-baik saja untuk melanjutkan tes.

Hanya saja cedera itu sebenarnya bukan cedera pertama Marquez musim ini. Ia sudah bermasalah dengan bahu kanan sebelum seri Motegi dan kemudian mengalami dislokasi kecil/sebagian di kualifikasi MotoGP Malaysia.


Setelah melalui diskusi, diputuskan bahwa Marquez akan menjalani operasi pada Rabu (27/11) di Rumah Sakit Universitari Dexeus-Quiron di Barcelona. Keputusan ini diambil agar tak terjadi kerusakan lebih jauh di bahu kanannya.

Menariknya, ini adalah operasi serupa yang dilalui Marquez musim lalu. Bedanya adalah kala itu bahu kirinya yang harus dibedah.

"Musim dingin ini, saya ingin merasakan liburan yang menyenangkan dan menikmati sedikit periode tenang setelah musim 2019 yang hebat, tapi rupanya itu adalah waktunya saya menjalani operasi di bahu kanan," ungkap Marquez dikutip Crash.


"Seperti yang semua orang tahu, musim dingin tahun lalu sangatlah berat buat saya dengan operasi di bahu kiri, yang mana sudah sangat rusak. Saya ingin menghindari situasi serupa di bahu kanan saya ke depannya, jadi saya banyak berbicara dengan dokter-dokter untuk melihat opsi-opsi kami."

"Sebelum Motegi, saya merasakan ada isu dengan bahu kanan saya ini, lalu setelah jatuh di Malaysia, saya mengalami dislokasi kecil. Di tes ini, saya mengalami dislokasi kecil lainnya setelah terjatuh, jadi kami memutuskan bersama dokter bahwa langkah terbaik adalah melakukan operasi untuk menghindari situasi yang sebelumnya kami alami di bahu yang lainnya."


"Kurang lebih akan membutuhkan waktu yang sama dan kami akan bekerja dengan cara yang sama agar tiba di tes Malaysia dengan kondisi sebaik mungkin," imbuhnya.

Tes MotoGP pertama musim 2020 akan digelar di Sepang, Malaysia pada 2-4 Februari mendatang. Tahun lalu, Marquez masih belum sepenuhnya fit di tes ini selepas operasi di bahu kirinya.

Simak Video "Video Marquez Menggila di MotoGP Malaysia"
[Gambas:Video 20detik]
(raw/rin)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com