detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Selasa, 31 Des 2019 13:50 WIB

Daftar Pebalap MotoGP Terbaik Satu Dekade: Rossi Tak Masuk 5 Besar

Doni Wahyudi - detikSport
Siapa pebalap terbaik MotoGP dalam satu dekade terakhir? (Getty Images Sport/Mirco Lazzari gp) Siapa pebalap terbaik MotoGP dalam satu dekade terakhir? (Getty Images Sport/Mirco Lazzari gp)
Jakarta - Siapa pebalap terbaik MotoGP dalam satu dekade terakhir (2010-2019) mungkin tak lagi bikin penasaran. Yang bisa jadi mengejutkan, Valentino Rossi tak masuk 5 besar.

Ada banyak kriteria yang bisa digunakan untuk menentukan siapa rider terbaik di sepanjang 2010-2019. Namun secara umum, kriteria pebalap terbaik bisa diukur berdasarkan jumlah kemenangan yang mereka raih.

Ada 180 balapan digelar dalam 10 tahun terakhir. Beberapa pebalap terbaik dunia muncul dan pergi, sementara rider-rider muda penuh potensi terus berdatangan.



Dalam 180 balapan tersebut, ternyata cuma ada 13 pebalap yang punya kesempatan menjadi pemenang. Mereka adalah Cal Crutchlow, Andrea Dovizioso, Andrea Iannone, Jorge Lorenzo, Marc Márquez, Jack Miller, Dani Pedrosa, Danilo Petrucci, Alex Rins, Valentino Rossi, Ben Spies, Casey Stoner, dan Maverick Viñales.

Dari daftar singkat di atas, Iannone, Miller, Petrucci, dan Spies cuma sekali menang. Itu artinya, cuma Crutchlow, Dovizioso, Lorenzo, Márquez, Pedrosa, Rossi, Stoner, dan Viñales yang beberapa kali merasakan menjejak podium teratas.

Marc Marquez adalah Pebalap Terbaik Satu Dekade Terakhir

Berkaca pada jumlah kemenangan yang didapat, dan jumlah gelar juara yang telah diraih, tak bisa disangkal lagi kalau Marquez adalah rider MotoGP terbaik dekade ini. Dia nyaris tak punya lawan sepadan di atas lintasan.

Meraih 6 gelar juara dunia sejak menjalani debut di 2013, Marquez meraih 56 kemenangan dari 127 balapan. Jika dirata-rata, dia memenangi 44% balapan yang diikuti.

Posisi dua menjadi milik Jorge Lorenzo. Baru saja memutuskan pensiun, Lorenzo meraup 42 kemenangan dari 169 balapan (24,85%).

Namun jika berbicara soal persentase kemenangan, Casey Stoner berhak ada di posisi dua dengan jumlah 36% kemenangan. Stoner meraih 18 kemenangan dari 53 race dalam sebelum memutuskan pensiun di akhir musim 2012.

(Lanjut halaman berikutnya: Klasemen MotoGP 2010-2019, tak ada Rossi di lima besar)

Selanjutnya
Halaman
1 2
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com