detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Selasa, 07 Jan 2020 18:59 WIB

Sekali Crash, Biaya Servis Motor MotoGP Habis Ratusan Juta

Doni Wahyudi - detikSport
Marc Marquez mengalami kecelakaan di MotoGP Argentina (Mirco Lazzari gp/Getty Images) Marc Marquez mengalami kecelakaan di MotoGP Argentina (Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Jakarta - Kecelakaan nyaris tak terhindarkan di ajang MotoGP. Padahal untuk sekali mengalami crash saja, biaya servisnya mencapai ratusan juta. Bahkan bisa tembus satu miliar rupiah.

Christophe Bourguignon, kepala mekanik yang bertanggung jawab penuh atas motor Cal Crutchlow, menuturkan biaya tinggi yang harus dikeluarkan timnya jika terjadi crash.

Tidak main-main, satu kecelakaan kecil saja biaya minimal yang harus dikeluarkan untuk perbaikan bisa mencapai 15.000 euro (setara dengan Rp 232,8 juta). Sementara kerusakan parah pada motor bisa menghasibiskan dana 100.000 euro untuk perbaikan (Rp 1,5 miliar).

"Tidak ada itu namanya kecelakaan senilai 2.000 euro (Rp 31 juta). Jatuh di ajang MotoGP menghabiskan biaya 15.000 sampai 100.000 euro. Jika kami beruntung, yang harus kami lakukan hanya mengganti beberapa bagian dengan stok yang sudah kami punya. Lalu kami bisa melanjutkan sesi," ucap Bourguignon dikutip dari GPone.



Kecelakaan besar, atau beberapa kecelakaan kecil beruntun, bisa sangat merepotkan. Soalnya LCR punya stok terbatas untuk onderdil MotoGP. Mereka, misalnya, hanya punya 5 tanki bahan bakar, sementara stok knalpot dan radiator juga terbatas.

Jika kerusakan besar terjadi pada dan stok onderdil habis, mereka harus memesan komponen tersebut pada HRC. Tapi itu membutuhkan waktu panjang untuk mendapatkannya, bisa 5 atau 6 pekan.

"Jika jatuh pada bagian depan, paling tidak fairing rusak, juga semi-handlebars, serta beberapa bagian yang terbuat dari serat karbon. Sebagian besar komponen ini bisa diperbaiki dan dipakai ulang."

Tapi jika terjatuh seperti yang kami alami di Australia 2018, saat kami menghancurkan sasis dan lengan ayun, itu kondisi yang berbeda. Bagian-bagian tersebut, bisa dianggap, tidak ternilai," lanjut dia.

Sekali Crash, Biaya Servis Motor MotoGP Habis Ratusan Juta




(Lanjut Halaman Berikutnya: Onderdil MotoGP Mahal-mahal)

Selanjutnya
Halaman
1 2
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com