detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Jumat, 10 Jan 2020 08:38 WIB

Tersangkut Doping, Pengalaman Traumatis bagi Iannone

Okdwitya Karina Sari - detikSport
Karier Andrea Iannone terancam setelah tersangkut doping. (Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Jakarta - Pebalap Aprilia Andrea Iannone terancam hukuman setelah gagal doping. Iannone mengungkapkan insiden ini merupakan pengalaman traumatis untuk dia.

Iannone diumumkan gagal tes doping setelah ditemukan kandungan zat terlarang dalam sampel urinenya yang diambil di MotoGP Malaysia 2019. FIM (Federasi Internasional Balap Motor) kemudian menjatuhkan hukuman larangan mengikuti kompetisi balap motor apapun sampai waktu yang belum ditentukan.

Baru-baru ini sample B Iannone juga diketahui mengandung zat terlarang meski hanya sedikit. Menurut laporan Crash, Iannone kini mesti menghadapi sidang disiplin yang kemungkinan akan digelar dalam rentang 45 hari ke depan.


Dengan demikian, Iannone dipastikan akan melewatkan dua tes pramusim MotoGP 2020 di Sepang dan Losail. Pebalap penguji Aprilia Bradley Smith digadang-gadang akan menggantikan tempatnya, andai Iannone mesti absen pada balapan nanti.

Iannone tampak pasrah dengan insiden ini. Namun, mantan pebalap Ducati dan Suzuki tersebut menegaskan kejadian ini bukan kesengajaan.


"Aku tidak punya rencana B. Motor adalah hidupku, aku bukanlah orang bodoh yang menempatkan segalanya dalam risiko. Aku cuma ingin kembali ke motor Aprilia-ku secepat mungkin dan melupakan momen ini," kata rider Italia itu kepada Gazzetta dello Sport, yang dikutip GPOne.

"Aku merasa aku seperti berada dalam sebuah film di mana aku adalah seorang aktor yang tidak disadari. Aku tahu kasus ini dari seorang jurnalis pada 17 Desember dan tapi secara umum apa yang dituduhkan kepadaku membuatku traumatis."

"Bagi seorang atlet yang membuat pengorbanan besar, hal semacam itu sangat membuat traumatis," imbuh dia.


Tersangkut Doping, Pengalaman Traumatis bagi Iannone



Simak Video "Quartararo Tercepat di Latihan Bebas II MotoGP Ceko 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(rin/raw)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com