detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Kamis, 13 Feb 2020 04:15 WIB

Lorenzo 'Pulang' ke Yamaha, Honda: Semoga Dia Bahagia

Adhi Prasetya - detikSport
KUALA LUMPUR, MALAYSIA - FEBRUARY 06: Jorge Lorenzo of Spain and Yamaha Factory Test team speaks during the 2020 Team Yamaha Factory Racing presentation during the MotoGP Pre-Season Teams Unveiling at Sepang Circuit on February 06, 2020 in Kuala Lumpur, Malaysia. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images) Lorenzo menjadi pebalap tes Yamaha musim ini. Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images
Jakarta -

Jorge Lorenzo tampil sebagai pebalap tes Yamaha di MotoGP 2020. Repsol Honda selaku bekas timnya mendoakan yang terbaik untuk pebalap Spanyol tersebut.

Tahun lalu, Lorenzo sempat diprediksi akan bersaing dengan Marc Marquez saat bergabung dengan Repsol Honda. Nyatanya, cedera menghalangi dirinya untuk tampil maksimal.

Tak sekalipun ia berhasil naik podium di balapan MotoGP 2019. Ia pun akhirnya memutuskan pensiun karena merasa fisiknya tak sanggup lagi untuk bisa melaju kencang di sirkuit. Padahal, Honda mengontraknya dua tahun.

Selepas pensiun, Lorenzo malah kembali ke pangkuan Yamaha. Harus diakui, bersama Yamaha-lah Lorenzo mengukir kisah indah dalam kariernya. Tiga gelar juara dunia semuanya diraih bersama motor Yamaha YZR-M1.

Hal ini pun dimaklumi oleh Honda. Bahkan mereka tidak menghalangi Lorenzo kembali membalap bersama Yamaha, sekalipun statusnya cuma test driver. Padahal, Honda disebut-sebut bisa melakukannya.

"Kami menyepakati kontrak dua tahun, tapi saat ia (Lorenzo) bilang dia ingin berhenti, ingin memulihkan fisiknya karena tak mau menyakiti dirinya lagi, dan sudah tak termotivasi untuk membalap, tentu kami hanya bisa bilang, 'oke, jika kamu ingin berhenti, silakan'," kata manajer tim Repsol Honda, Alberto Puig.

"Di Valencia, sudah jelas dia ingin berhenti, itu sebabnya dia membuat pernyataan resmi. Namun kemudian dia memilih kembali membalap."

"Dari sudut pandang Honda, semua orang bebas melakukan apapun yang ia mau dalam hidupnya, dan kami menghormatinya. Jika beberapa bulan kemudian dia berubah pikiran dan mendapat kesempatan (dengan Yamaha), kami pun turut bahagia.

"Jadi jika ia memang berpikir demikian, Honda menghormatinya dan kami berharap dia bahagia menjalani hidupnya," jelas Puig, seperti dikutip Crash.

Lorenzo disebut-sebut berpeluang tampil di MotoGP Catalunya 2020 pada Juni nanti dengan menggunakan status wildcard, namun belum ada konfirmasi terkait hal itu.

Lorenzo 'Pulang' ke Yamaha, Honda: Semoga Dia Bahagia


Simak Video "Sah! Lorenzo Jadi Pebalap Penguji Yamaha di MotoGP 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(adp/pur)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com