detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Minggu, 23 Feb 2020 08:27 WIB

Dianggap Jadi Budak Marquez, Honda: Bukan Filosofi Kami

Okdwitya Karina Sari - detikSport
DOHA, QATAR - FEBRUARY 22: Marc Marquez of Spain and Repsol Honda Team  rounds the bend during the MotoGP Tests at Losail Circuit on February 22, 2020 in Doha, Qatar. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images) Honda membantah anggapan menjadi budak Marc Marquez setelah menyepakati kontrak empat tahun. (Foto: Mirco Lazzari gp / Getty Images)
Jakarta -

Honda begitu antusias setelah mengamankan jasa Marc Marquez dalam jangka panjang. Pabrikan Jepang itu membantah anggapan menjadi budak si pebalap.

Kesepakatan tidak biasa terjalin di antara Honda dengan Marquez. Keduanya resmi terikat dalam kontrak berdurasi empat tahun sampai 2024, padahal biasanya kontrak pebalap hanya per dua tahun saja.

Keputusan itu disoroti oleh mantan manajer tim sekaligus pengamat top MotoGP Carlo Pernat. Pasalnya, selama ini Marquez terlalu menonjol dibandingkan pebalap-pebalap Honda lainnya dengan raihan enam gelar juara MotoGP.

Direktur Honda Tetsuhiro Kuwata menepis tudingan Pernat. Kuwata berkukuh bahwa Honda tetap mengembangkan motor-motor bagi Cal Crutchlow dan Takaaki Nakagami.

"Ketika Anda harus memperbarui sebuah kontrak, terutama dengan seorang pebalap sekaliber Marc, tidak pernah mudah lho," ungkap Kuwata dilansir GPOne. "Tapi di antara kami ada sebuah hubungan yang sangat baik yang sudah bertahan selama bertahun-tahun dan kami sudah mengembangkannya."

"Di satu waktu ketika Marc dan Honda sudah saling percaya, tidak ada keraguan untuk melanjutkan petualangan ini bersama-sama. Marquez adalah seorang pebalap istimewa untuk kami dan kami antusias dengan perpanjangan kontrak ini."

"Tidak pernah jadi filosofi kami. Saya mengatakan ini karena Honda bukan hanya motor untuk Marc. Sudah jelas, kami sadar bahwa dia memang seorang pebalap yang kencang dan opini dia penting terkait pengembangan motor."

"Namun, faktanya kami memiliki pebalap-pebalap lain dan kami ingin meningkatkan motor untuk mereka masing-masing. Seperti yang dikatakan tadi, umpan balik dia memang penting, tapi juga sama dengan opini pebalap Honda lainnya seperti Cal atau Nakagami."



Simak Video "Wawancara Spesial Juara Dunia MotoGP Marc Marquez"
[Gambas:Video 20detik]
(rin/raw)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com